Anak Susah Mandi? Coba Ajak Main Bajak Laut dan 4 Tips Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak mandi. shutterstock.com

Ilustrasi anak mandi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi sejumlah anak, kegiatan mandi tidak digemari. Entah karena cuaca agak dingin, malas atau alasan lainnya. Padahal saat mandi, orang tua bisa menjalin kelekatan dengan anak mereka (terutama di bawah usia lima tahun) sekaligus menjaga tubuh mereka tetap bersih.

Berikut ada lima hal atau benda yang bisa Anda pertimbangkan agar anak menganggap mandi sebagai kegiatan menyenangkan seperti dilansir Female First:

1. Buat suasana berlayar

Waktu mandi tak akan sama tanpa kapal untuk bermain. Keluarkan semua karton dan botol Anda yang bersih dan kosong karena ini bisa menjadi alat main yang tepat bagi semua bajak laut pemula. Bahkan, Anda dapat membuat kesenangan sebelum mandi, misalnya mewarnai kapel dengan krayon dan membantu anak membuat kapal impian mereka.

2. Cat dengan gelembung

Salah satu yang identik dengan mainan anak-anak sebagian orang tua yang lahir tahun 1990-an adalah krayon mandi dan palet cat mandi. Untuk efek yang sama dan menghemat beberapa rupiah, Anda bisa membeli plastik dan mencampur dengan pewarna makanan.

3. Waktu Mandi ala punk-rocker

Salah satu cara terbaik untuk menghindari air mata saat mencuci rambut adalah membuat anak-anak merancang gaya rambut mohawk mereka sendiri melalui busa sampo. Buat berbagai gaya menggunakan sampo. Ingatlah untuk memilih sampo yang ringan tapi bersabun, untuk volume ekstra tetapi tak terlalu perih di mata.

4. Akuarium laut

Sebagian besar anak suka akuarium dan makhluk laut. Mengapa tidak membuat sendiri di rumah di bak mandi Anda? Ini juga akan menjadi hiburan mandi yang bagus.

Cobalah menggambar dan menghias ikan, putri duyung, kepiting, dan makhluk laut lainnya, lalu laminasi dengan plastik dan taruhlah ke dalam bak mandi anak.

Anak-anak akan bersenang-senang mencari mainan itu di antara semua gelembung. Anda juga bisa menambahkan beberapa harta karun untuk bermain bajak laut bersama anak.

5. Bebek karet

Bebek karet relatif disukai anak karena warnanya cerah. Terlebih lagi, bebek ini awet dan terlihat hebat sebagai ornamen di kamar mandi Anda. Mengapa tidak membangun keluarga bebek dan biarkan imajinasi anak-anak Anda menjadi berkembang. 

Tetapi hati-hati, bebek karet ternyata bisa menjadi surga bakteri jahat kalau Anda tak membersihkannya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."