7 Inspirasi Rak Buku untuk Dekorasi Rumah, Pilih Warna Cerah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita membaca buku. shutterstock.com

Ilustrasi wanita membaca buku. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda mengoleksi buku yang cukup banyak tentu harus disimpan dalam sebuah rak khusus. Tujuannya agar buku-buku mudah ditemukan dan lebih terawat. Namun selain sebagai tempat penyimpanan buku, rak buku dengan model yang unik dapat pula menjadi bagian dari dekorasi rumah.

Lantas, bagaimana jika telanjur memilih model rak buku yang terbilang biasa-biasa saja? Tak perlu khawatir, rak buku dengan model yang biasa ataupun tampak membosankan bisa didekorasi menjadi super cantik. Berikut beberapa inspirasi cara menata rak buku untuk mempercantik ruangan di rumah.

1. Warna yang mencolok untuk rak buku

Cara yang paling mudah untuk mendekorasi rak buku adalah mengecat rak buku dengan warna cat mencolok yang kontras dengan dominasi warna ruangan.

Misalnya saja jika ruangan didominasi warna putih, pilihlah warna cat fuchsia, toska, atau biru elektrik untuk rak buku. Hasilnya, rak buku akan tampak menonjol dan menyegarkan ruangan!

2. Wallpaper untuk latar belakang rak buku

Selain mengubah warna rak buku seluruhnya, mendekorasi rak buku juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan wallpaper. Untuk melakukan hal ini, sebaiknya pilih wallpaper dengan motif dan warna yang mencolok.

Contohnya, pilih wallpaper bermotif daun-daun besar warna hijau. Pasanglah wallpaper sebagai latar belakang rak. Dalam sekejap, penampilan rak buku pun berganti baru!

3. Tanaman hijau untuk dekorasi rak buku

Jika memiliki koleksi tanaman hias, jangan ragu untuk menambahkan dekorasi hijau pada rak buku. Beberapa pot bunga berukuran mungil bisa ditambahkan di atas rak. Dedaunan warna hijau dan warna-warni kelopak bunga akan membuat rak tampil beda.

Pada inspirasi ini misalnya, rak buku serba putih jadi tampak lebih cantik berkat tanaman hijau dan bunga anggrek yang sedang berkembang.

4. Pernak-pernik cantik di sela-sela buku

Rak buku tak melulu harus dipakai untuk menyimpan buku-buku saja. Untuk menghindari pemandangan yang membosankan, letakkan aneka pernak-pernik dan pajangan di beberapa kolom rak buku.

Aneka pernak-pernik ini bisa berupa bingkai foto, jam meja, vas bunga, guci antik, hingga botol-botol parfum yang unik. Dengan tambahan pernak-pernik ini, rak buku pun jadi super cantik dan tak lagi membosankan.

5. Dekorasi lampu-lampu LED

Alternatif dekorasi rak buku selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lampu-lampu LED, baik lampu LED berbentuk bulat maupun batang. Selain bentuknya yang beragam, cahaya lampu LED juga tersedia dalam beberapa pilihan.

Tinggal disesuaikan dengan efek dekorasi yang ingin diciptakan. Misalnya saja cahaya warna putih, keemasan, ataupun biru. Lampu-lampu ini bisa ditempatkan pada bagian dalam rak buku. Ketika dinyalakan, cahaya lampu-lampu LED akan membuat rak buku tampil memukau!

6. Mengelompokkan buku berdasarkan warna

Mengelompokkan buku juga bisa jadi cara untuk mengubah tampilan rak buku. Jika biasanya buku-buku dikelompokkan berdasarkan temanya, sekarang cobalah mengelompokkan buku berdasarkan warnanya.

Misalnya, buku-buku warna kuning dalam satu kolom rak dan buku-buku warna merah dalam kolom rak lainnya. Dengan cara ini, warna-warna buku akan tampak menonjol dan menjadi bagian dari dekorasi ruangan yang unik.

7. Sampul buku unik sebagai dekorasi

Beberapa buku punya cover yang artistik. Untuk buku-buku seperti ini, sebaiknya jangan menatanya berjajar. Letakkan buku-buku dengan cover yang artistik menghadap ke depan pada sebuah kolom rak yang kosong, sehingga keindahannya menonjol dan mempercantik rak buku.

Jangan lupa jika memiliki buku dengan sampul hardcover, bukalah bagian “jaket” buku sehingga cover buku yang artistik dapat terlihat.

Jika punya rak buku yang sudah tampak membosankan atau usang, jangan buru-buru menggantinya dengan yang baru. Cobalah terapkan inspirasi dekorasi rak buku ini dan lihatlah rak buku berubah menjadi super cantik! Rak buku yang dekoratif pastinya juga akan membuat ruangan terasa baru dan lebih segar.

ARSITAG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."