Tips Memilih Perawatan Kecantikan yang Tepat, Pilih Dokter SpKK

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perawatan kecantikan. shutterstock.com

Ilustrasi perawatan kecantikan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tren kecantikan di tahun mendatang mulai meninggalkan ciri makeup yang berlebihan dan beralih ke kulit wajah bersih dan sehat. Untuk mendapatkan kulit tersebut, perlu perawatan yang optimal. Tapi jangan melakukan perawatan asal. 

Untuk mendapatkan kesehatan dan kecantikan yang optimal, penting bagi masyarakat untuk mengidentifikasi ahli dan sarana yang tepat agar mendapatkan perawatan yang aman, efektif, jangka panjang, dan sesuai dengan kebutuhan. 

Kunci utama kulit sehat adalah perawatan yang tepat dan benar sesuai jenis kulit, kondisi kulit, dan usia. Perawatan kulit dari usia ke usia pada prinsipnya sama, namun sesuai pertumbuhan usia kebutuhan standarnya harus semakin ditambah.

Kalau salah menerapkan perawatan, masalah akan timbul, dan kecantikan semakin jauh meninggalkan kita. Oleh karena itu, sebelum melakukan perawatan penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya.

Dokter spesialis kulit Tina Wardhani Wisesa, Founder Klinik Sakti Medika, menjelaskan berkonsultasi dengan dokter ahli ditujukan agar perawatan kulitnya bisa maksimal. Menurutnya, jenis kulit setiap orang berbeda-beda dan telah ditentukan secara genetik dari sejak lahir. Setiap jenis kulit membutuhkan perawatan dengan menggunakan bahan yang berbeda-beda.

Menurut dia, spesialis kulit memiliki keunggulan dalam menentukan atau mengkombinasikan tindakan khusus sesuai dengan kondisi kulit masing-masing pasien, dengan menganalisis kebutuhan dan mencegah risiko yang mungkin terjadi.

Selain perawatan untuk tampilan estetik, spesialis kulit juga dapat menangani segala permasalahan kulit di seluruh tubuh, rambut, kuku, hingga selaput lendir, seperti eksim, psoriasis, rambut rontok, infeksi kulit dan kelamin, alergi, tumor kulit jinak, dan lain sebagainya.

"Setiap dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) dapat menangani pasien segala usia mulai dari bayi baru lahir hingga lansia, baik wanita maupun pria,” tambah Tina Wardhani Wisesa. 

Sementara itu, Elvira Megasari Saragih, Direktur Marketing Klinik Sakti Medika menyatakan sebelum memilih klinik kecantikan, harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama, pastikan bahwa ahlinya memiliki gelar dokter SpKK, memiliki Surat Izin Praktek (SIP). Kemudian, berpengalaman dalam menangani masalah kecantikan. Selanjutnya klinik tersebut berbadan hukum dan legal.

"Kami melihat industri kecantikan saat ini berkembang pesat dan menghadirkan berbagai alternatif perawatan kulit dan tubuh yang belum tentu sesuai kebutuhan dan aman bagi kesehatan. Karena itulah dengan pengalaman selama 23 tahun, kami ingin terus mengedukasi masyarakat agar mampu mendefinisikan kebutuhan kesehatan dan kecantikan kulit dan tubuhnya, sehingga dapat memilih ahli dan sarana yang tepat untuk mendapatkan penanganan dan solusi yang sesuai, aman, dan optimal," tandas Elvira.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."