3 Bahan Alami untuk Meratakan Kulit Belang

Ilustrasi wajah bermasalah. Shutterstock

kecantikan

3 Bahan Alami untuk Meratakan Kulit Belang

Selasa, 15 Oktober 2019 14:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang pernah atau sedang mengalami warna kulit wajah tidak merata alias kulit belang. Kondis ini tentu mengganggu penampilan dan mengurangi percaya diri. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan belang di wajah yang bisa dilakukan.

Kulit belang dalam dunia medis disebut sebagai hiperpigmentasi. Kondisi ini dapat terjadi karena Anda terlalu banyak terkena sinar matahari, faktor usia, hormon, maupun konsumsi obat-obatan tertentu serta menggunakan produk makeup tertentu pada wajah.

Hiperpigmentasi bisa jadi permanen. Namun, sekitar 80 persen kulit belang pada wajah dapat disembuhkan dengan berbagai cara mengatasi kulit belang, mulai dari yang alami hingga menjalani perawatan medis. Sebelum Anda mencoba produk-produk kimia yang beredar di pasaran, tidak ada salahnya mencoba menghilangkan belang di wajah dengan cara alami.

Berikut tiga bahan alami untuk atasi kulit belang di wajah

1. Lidah buaya

Tanaman ini mengandung aloesin yang dapat menghambat produksi melanin berlebih pada wajah. Melanin sendiri merupakan zat yang memengaruhi warna kulit Anda, termasuk jika Anda memiliki kulit belang pada wajah. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang belang.

2. Teh hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau disebut-sebut dapat mengatasi kulit belang akibat melasma dan paparan sinar matahari. Meski begitu, klaim ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

3. Licorice

Kandungan glabridin di dalam licorice diklaim dapat berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki efek memutihkan kulit wajah, sehingga tidak jarang dipertimbangkan sebagai cara mengatasi kulit belang. Anda dapat mengoleskan krim licorice pada area kulit yang belang.

Selama menjalani perawatan wajah dengan menggunakan bahan-bahan di atas, jangan lupa juga untuk melakukan langkah pencegahan agar kulit belang tidak semakin parah. Hal yang dapat Anda lakukan, misalnya selalu menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya dan tidak memencet jerawat pada wajah (jika ada).

Jika cara mengatasi kulit belang secara alami tidak berhasil diterapkan pada wajah Anda, mungkin memang Anda harus menempuh cara medis. Tentunya lebih banyak membutuhkan dana dan kerap mengharuskan Anda untuk bolak-balik ke dokter atau klinik kecantikan untuk memantau kemajuan pengobatan Anda.

SEHATQ