Tahun Baru di Yogyakarta, Ini 5 Spot Pilihan Dinas Pariwisata DIY

Ilustrasi pesta kembang api Tahun Baru. Dok Tempo/Pius E

ragam

Tahun Baru di Yogyakarta, Ini 5 Spot Pilihan Dinas Pariwisata DIY

Selasa, 31 Desember 2019 11:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kota Yogyakarka menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan dari berbagai daerah, untuk merayakan pergantian tahun baru 2020.

Sejak akhir pekan lalu, wisatawan telah tampak berjubel di berbagai sudut Yogyakarta, utamanya wilayah perkotaan dengan sasaran utama kawasan Malioboro dan sekitarnya.

Tapi, untuk merayakan pergantian tahun, sebenarnya tak hanya Malioboro semata yang menawarkan pesona dan pengalaman unik.

“Yogyakarta memiliki banyak lokasi wisata dan semuanya bisa masuk rekomendasi untuk menjadi tempat perayaan tahun baru yang menarik,  tak hanya Malioboro,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo kepada TEMPO, Senin 30 Desember 2019.

Lantas apa saja destinasi unik yang bisa menjadi pilihan perayaan tahun baru di Yogyakarta? Berikut lima rekomendasi versi Dinas Pariwisata DIY yang menggelar program perayaan tahun baru 2020 pada Selasa 31 Desember 2019.

Hutan Pinus Mangunan Bantul

Hutan Pinus Mangunan menjadi destinasi liburan generasi milenial. Foto: @sholikhinnur

Siapa tak kenal Hutan Pinus Mangunan yang ada di kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini. Destinasi ini memiliki pemandangan hutan nan elok yang berdekatan dengan tempat wisata seperti perkebunan Mangunan hingga area makan raja-raja kesultanan Mataram Yogyakarta.

Hutan Pinus Mangunan pun kian populer setelah disambangi Presiden Joko Widodo pada 2018 silam. Daya tarik utamanya pada bentangan perbukitan asri, dengan nuansa pohon-pohon pinus tinggi menjulang dan menjadi pesona tersendiri bagi yang menyambanginya.

Nah, pada malam pergantian tahun baru 2020 nanti, di Hutan Pinus Mangunan ini digelar serangkaian acara seru menyambut pergantian tahun baru. Kelompok musik kocak asal Yogyakarta, Sri Redjeki bakal tampil bersama kelompok dagelan asal Yogyakarta di panggung teater Hutan Mangunan menghibur pengunjung.

“Kalau wisatawan mau seharian main di Mangunan lalu malamnya menyaksikan acara pergantian tahun di situ juga bakal terhibur,” ujar Singgih.

Jika mau bermalam di kawasan itu juga tak masalah. Ada puluhan homestay sekitar yang dikelola warga, dan juga layanan kemping eksklusif dengan tenda serta fasilitas lux yang jumlahnya 19 unit.

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara jadi pusat keramaian merayakan malam tahun baru. Foto: @stella.indah18

Mau menikmati suasana romantis saat pergantian tahun? Langsung saja merapat ke Pantai Goa Cemara Bantul. Sebab di kawasan ini akan mengadakan event Gebyar 1.000 Lampion. Sebanyak 1.000 lampion rencananya akan dilepaskan pada malam pergantian tahun mendatang. Event ini diselenggarakan di Area Parkir Pantai Goa Cemara dari pukul 19.00 WIB.

Selain pelepasan lampion, digelar juga Pasar Pesisir, pertunjukan musik dan tentunya kembang api yang akan dinyalakan pada saat pergantian tahun. Di kawasan ini wisatawan bisa menikmati pergantian tahun baru yang romantis dengan sepoi-sepoi angin pantai sambil melepaskan lampion.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran memiliki kontur bertebing dan berbukit, bekas gunung api purba. Foto: @jogjaku

Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul juga bakal meriah saat perayaan perantian tahun baru nanti. Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo mengatakan berbagai event yang disiapkan di kawasan yang baru saja memperoleh predikat sebagai 100 kawasan wisata berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu, salah satunya adalah event budaya yang akan diselenggarakan di wisata gunung api purba Nglanggeran.

Pada malam pergantian tahun 2020, akan digelar pertunjukan Wayang Kolaborasi Akhir Tahun dan pesta kembang api ‘Ampak Ampak Wiratha’ di Panggung Ampli Teather Nglanggeran.

Dalam kolaborasi pertunjukan wayang ini akan menampilkan dalang Ki Sucipto D. Yoso, Ki Benyek Catur Kuncoro dan Ki Hariyanto. Dalam pertunjukan wayang ini akan menghadirkan bintang tamu sinden jaipong Jawa Barat. Selain pertunjukan budaya, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan kota Yogyakarta saat malam hari dari atas bukit.

Embung Tonogoro Kabupaten Kulon Progo

Embung Tonogoro danau buatan mini di Kulon Progo. Foto: @agoes_pur

Pergantian tahun baru ini juga bisa dilewatkan di sisi barat Kota Yogyakarta, yakni daerah Kabupaten Kulon Progo. Pergantian tahun baru 2020 ini Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menghadirkan pentas musik jazz, yang dipadukan dengan aksi teatrikal di kawasan Embung Tonogoro, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang.

Embung Tonogoro, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang itu merupakan satu spot wisata unik di wilayah perbukitan Menoreh yang membentang di barat Yogyakarta. Selain itu, Kalibawang sendiri dikenal sebagai kecamatan di Kabupaten Kulonprogo yang terkenal sebagai derah penghasil buah duren.

Kaliurang Sleman

Suasana Glamping di Lereng Gunung Merapi di Jalan Kaliurang Kilometer 23, Sleman, Daerah Istimewa. Wisatawan bisa menikmati kemping bersama keluarga suasana musim dingin seperti di negara-negara Eropa. (Foto :TEMPO- M Syaifullah)

Menikmati pergantian tahun dalam balutan udara dingin khas lereng Gunung Merapi bisa jadi pilihan. Wisatawan di Yogyakarta tinggal mendatangi kawasan Kaliurang Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Sebab di kawasan Kaliurang bakal ada sederet acara menarik menyambut pergantian tahun. Misalnya pentas akhir tahun yang diselenggarakan di Tlogoputri Kaliurang dan Wisma Sembada. Acara pergantian tahun di GOR Kaliurang akan menampilkan grup musik Jikustik dan pertunjukan kembang api.

Tak hanya itu di Tlogoputri Kaliurang juga akan menampilkan hiburan Orkes Melayu, dan panggung Wisma Sembada akan menampilkan Koes Plusan.

PRIBADI WICAKSONO