Tips Liburan Natal dengan Orang Tua, Cek Kesehatan dan 3 Hal Ini

Berwisata dengan orang tua butuh persiapan ekstra. Foto: @weronikarejzner

ragam

Tips Liburan Natal dengan Orang Tua, Cek Kesehatan dan 3 Hal Ini

Selasa, 24 Desember 2019 08:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaLiburan Natal ini beberapa di antara kita memilih bepergian dengan orang tua. Bila kamu salah satunya, perhatikan ada tips tertentu liburan bersama orang tua. Sebab tak bisa menggunakan rencana perjalanan yang sama seperti bersama teman-teman sebaya. Ada kebutuhan yang berbeda di antaranya anggaran, transportasi, dan akomodasi. Penyesuaian itu guna menunjang kenyamanan bepergian bersama orang tua.

Berikut empat kiat liburan bersama orang tua, mengutip Pegipegi

1. Tepat memilih destinasi

Saat bepergian dengan orang tua, faktor usia mempengaruhi pemilihan destinasi. Karena hal tersebut berkaitan dengan kondisi kesehatan serta ketahanan tubuh orang tua. Tak cuma destinasi, tapi juga pertimbangan transportasi umum serta kondisi jalan di lokasi tempat berwisata.

Penting pula memperhatikan fasilitas publik, seumpama orang tua menggunakan alat bantu untuk berjalan, semisal kursi roda. Maka sebelum mengunjungi destinasi, penting untuk memastikan sarana yang menunjang kebutuhan tersebut.

2. Cek kesehatan

Beberapa hari sebelum liburan sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan orang tua. Riwayat kesehatan penting mendapatkan perhatian dari dokter untuk memberikan saran medis. Cek kesehatan bermanfaat untuk menyusun agenda bepergian.

Mana yang mesti dikunjungi atau yang harus dihindari. Hasil pemeriksaan kesehatan itu akan menjadi panduan menentukan destinasi dan durasi waktu bepergian.

3. Kegiatan perjalanan dan menginap

Rencana perjalanan harus memenuhi kebutuhan orang tua. Kegiatan harus disesuaikan dengan kondisi ketahanan tubuh mereka. Buat rencana perjalanan yang efektif, namun memberi kesan yang menyenangkan untuk orang tua. Liburan bersama orang tua lebih baik menyusun rencana perjalanan yang tidak padat.

Anggaran yang disiapkan untuk penginapan pun biasanya lebih besar. Karena, penting untuk memastikan orang tua benar-benar nyaman selama menginap sesuai kebutuhan terhadap ketahanan tubuh.

4. Kesabaran

Ketahanan tubuh orang tua yang sudah menurun perlu lebih mendapatkan perhatian. Aktivitas mereka lebih lambat serta menggunakan waktu yang cukup lama. Kesabaran sangat penting selama liburan dengan orang tua.

BRAM SETIAWAN (KONTRIBUTOR)