Bukan Bujukan, Ucapkan Kalimat Ini Agar Berbaikan dengan Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar/cekcok. Shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bertengkar/cekcok. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam suatu hubungan, ada saat-saat kita dan pasangan berselisih paham hingga bertengkar. Penyebabnya pun beragam bisa dari lupa ulang tahun pernikahan, tidak membereskan kamar sesuai kesepakatan hingga lupa janji kencan nonton bioskop. Bila pertengkaran tak dapat dielakkan, sebaiknya jangan memperkeruh dengan kalimat yang memperburuk situasi. Jangan pilih ucapan yang membujuk atau rayuan, tapi pilihlah kalimat "tim yang sama". 

Marie Land, seorang psikolog, mengatakan bahwa penggunaan kalimat "tim yang sama" dapat mengubah pertengkaran menjadi masalah yang harus diselesaikan bersama dengan pasangan.

"Mengucapkan 'tim yang sama' seperti mengatakan bahwa saya tidak ingin situasi atau ketidaksepakatan ini, saya masih menginginkan hubungan ini," ujar Land.

Land melanjutkan bahwa ketika kita menekan jeda pada argumen selama 10 hingga 15 detik, secara simultan hal itu akan memperlambat detak jantung dan membuat kondisi semakin tenang.

Jennifer Chappell Marsh, terapis pernikahan dan keluarga, menjelaskan bahwa ketika berdebat, pembicaran akan berfokus pada dua tingkatan, yakni terkait dengan subjek diskusi (apa) dan proses diskusi (bagaimana).

Menurut Marsh, ketika pasangan mengatur perdebatan seperti sedang berkompetisi, hal itu hanya akan membuat keduanya kehilangan visi tentang tujuan sebenarnya.

"Dengan menyebut kalimat yang telah disepakati sebelumnya seperti 'tim yang sama', hal itu seolah mengakui bahwa emosi telah mengambil alih dan mengganggu siklus negatif dari keinginan untuk menang," ucap Marsh.

Menurut Marsh, hal itu merupakan solusi sederhana. Dengan melontarkan kalimat tersebut, diharapkan kedua pihak akan bertanya-tanya, mengapa keduanya begitu terpaku memenangkan pertengkaran. Mengapa begitu sulit untuk melihat bahwa Anda berada di tim yang sama sejak awal?

Trey Morgan, instruktur pernikahan, mengungkapkan dia bersama istri, Lea, telah menikah selama 31 tahun dan bersumpah menggunakan kalimat "tim yang sama" ketika sedang bertengkar.

“Butuh beberapa tahun sebelum kami sadar bahwa kami berada di tim yang sama. Kami akhirnya menyadari bahwa kami menang bersama atau kalah bersama karena itulah arti dari tim yang sama," tandas Morgan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."