4 Tips Menggunakan Toilet Umum, Mengelap hingga Mencuci Tangan

Ilustrasi kamar mandi (Pixabay.com)

kesehatan

4 Tips Menggunakan Toilet Umum, Mengelap hingga Mencuci Tangan

Minggu, 15 Desember 2019 17:50 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta -  Saat menempuh perjalanan jauh atau sekadar berjalan-jalan ke mal, beberapa di antara kita ada yang tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil atau besar. Sayangnya, banyak toilet umum yang dipenuhi dengan kuman dan bakteri karena tingkat higienitas yang rendah.

Akibatnya, berbagai masalah kesehatan pun bisa dialami. Dokter mikrobiologi klinis, Wani Gunardi pun mau membagikan tips aman dan tetap sehat saat gunakan toilet umum.

Pertama, ia mengimbau agar seseorang memilih toilet umum yang kering daripada basah. Sebab, toilet berlendir bisa meningkatkan perkembangan kuman dan bakteri.

“Pilih yang kering. Kalau masih basah, coba minta petugas kebersihan untuk dikeringkan dulu agar virus dan bakterinya lebih minim,” kata Wani di Jakarta, pada pertengahan November 2019 silam.

Selanjutnya, seseorang juga disarankan untuk mengelap kursi dengan tisu, jika menggunakan toilet duduk. Bukan tisu kering, namun Wani lebih menyarankan untuk memilih tisu basah dengan kandungan disinfektan di dalamnya. “Disinfektan itu baik untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit,” Wani menjelaskan.

Jika seseorang memilih toilet jongkok, menyiram kloset dengan air sebelum digunakan juga diimbau oleh Wani. Sebab, urin sering menyebar di sekitar toilet yang membuat virus dan bakteri cepat berkembang biak.

“Kalau disiram, urin dan kotoran bekas orang lain bisa hanyut dan toilet pun lebih bersih dan nyaman untuk digunakan,” ucap ia.

Selesai menggunakan toilet umum, tentu mencuci tangan tidak boleh dilewatkan. Sebab dari penutup kloset, gayung, flush, hingga gagang pintu pada tempat umum mengandung banyak bakteri dan virus yang tak kasat mata.

“Tahap terakhir untuk mencuci tangan dengan sabun harus dilakukan agar kita meninggalkan toilet dengan keadaan bersih,” tandas Wani.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA