Manfaat Bunga Pepaya untuk Menstabilkan Gula Darah dan 3 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Bunga Pepaya. alodokter.com

Bunga Pepaya. alodokter.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bukan hanya buah dan daun pepaya yang bisa dijadikan sebagai makanan lezat dan bergizi, bunga pepaya pun memiliki fungsi yang sama. Bunga pepaya (Carica papaya) terdiri dari bunga jantan dan betina yang berfungsi sebagai pembuahan dalam pohon pepaya itu sendiri.

Bunga jantan memiliki karakteristik bunga yang berbentuk panjang, langsing, tidak berputik, dan menggerombol dalam jumlah banyak. Sementara bunga betina memiliki bentuk yang pendek, jumlah bunga yang sedikit, memiliki putik, namun tanpa benang sari.

Sama seperti daun pepaya, bunga pepaya juga meninggalkan rasa pahit di lidah sehingga mungkin tidak populer dikonsumsi oleh banyak orang. Namun, manfaat bunga pepaya untuk kesehatan tetap tidak bisa dianggap remeh karena bagian ini kaya akan berbagai senyawa kimia tumbuhan, seperti flavonoid, sterol (steroid alkohol), triterpenoid, tanin, hingga polifenol. Kehadiran zat-zat tersebut menghadirkan manfaat bunga pepaya yang sangat tinggi bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat bunga pepaya untuk kesehatan tubuh

1. Menstabilkan kadar gula darah

Bunga pepaya yang diolah menjadi teh diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibanding teh pada umumnya. Fakta tersebut menghadirkan manfaat bunga pepaya lainnya, yakni sebagai pengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.

Minimnya kandungan karbohidrat pada bunga pepaya juga mengindikasikan tanaman ini aman dikonsumsi bagi orang yang sedang diet. Konsumsi karbohidrat berlebih dapat mengakibatkan obesitas sehingga Anda harus menghindari ini ketika sedang berusaha menurunkan berat badan.

2. Sumber energi yang sehat

Manfaat bunga pepaya lainnya terletak pada kandungan protein, vitamin, dan mineral, seperti sodium dan potasium, yang bahkan lebih tinggi dari buah pepaya itu sendiri. Protein merupakan sumber energi yang baik, vitamin berfungsi mendukung tumbuh kembang dan menjaga tubuh bekerja secara normal, sedangkan mineral dapat menjadi sumber nutrisi yang juga baik bagi tubuh. 

3. Menyehatkan jantung

Manfaat bunga pepaya ini didapat dari kandungan sterol dan glycosides. Sterol yang berasal dari tumbuhan disebut memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sedangkan glycosides sering digunakan sebagai bahan alami tambahan untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan jantung.

Cara kerja glycosides dalam menyehatkan jantung adalah dengan menaikkan kemampuan jantung untuk memompa darah tanpa meningkatkan kebutuhan organ vital itu terhadap oksigen. Dengan kata lain, glycosides pada bunga pepaya dapat membuat kerja jantung lebih efisien.

4. Mencegah kanker

Polifenol dan flavonoid terbukti dapat menangkal radikal bebas yang disebut-sebut merupakan salah satu faktor terbentuknya sel-sel kanker di dalam tubuh.

Bukan hanya itu, kehadiran polifenol dalam bunga pepaya juga memiliki sifat antoksidan, antialergi, antiperadangan, dan antivirus sehingga dapat membuat tubuh Anda selalau dalam kondisi bugar.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."