5 Pemicu Meningkatnya Gairah Seks Wanita Hamil, Vulva Membesar

Ilustrasi seks saat hamil. shutterstock.com

cinta

5 Pemicu Meningkatnya Gairah Seks Wanita Hamil, Vulva Membesar

Jumat, 6 Desember 2019 22:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah saat hamil, Anda merasakn gairah seks  bertambah tinggi? Tak perlu khawatir dan malu mengakuinya, karena hal tersebut merupakan hal alami yang juga dialami oleh banyak wanita hamil lainnya. Bahkan, sebagian wanita hamil mengatakan mereka lebih mudah orgasme ketika bercinta dan orgasme yang dihasilkan terasa lebih memuaskan.

Untungnya, bercinta saat hamil pada umumnya tak akan menjadi masalah. Memang, ada kemungkinan orgasme bisa menyebabkan keguguran pada trimester pertama. Namun hal ini sangat jarang terjadi.

Lalu, mengapa gairah seks cenderung meningkat saat hamil? Berikut lima pemicunya

1. Level estrogen meningkat

Ternyata alasan utamanya adalah level estrogen meningkat selama kehamilan. Tingginya estrogen dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rahim.

Estrogen memperbaiki aliran darah antara rahim dan plasenta dengan memperlebar pembuluh darah. Estrogen juga membuat payudara semakin besar, karena hormon ini memperbesar kelenjar-kelenjar susu agar bisa menghasilkan Air Susu Ibu atau ASI.

Namun di sisi lain, lonjakan estrogen juga mempengaruhi mood dan libido saat hamil. Gairah itu makin memuncak hingga puncaknya adalah sebelum persalinan, kemudian menurun setelah persalinan.

2. Meningkatnya libido

Banyak wanita yang mengalami kenaikan libido pada kehamilan trimester pertama dan kedua. Meningkatnya libido juga disertai dengan meningkatnya produksi cairan pelumas vagina dan hipersensitivitas dari klitoris karena meningkatnya aliran darah ke area genital.