6 Manfaat Makan Jantung Pisang, Lebih Baik daripada Buahnya?

Ilustrasi jantung pisang

kesehatan

6 Manfaat Makan Jantung Pisang, Lebih Baik daripada Buahnya?

Selasa, 3 Desember 2019 17:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah pisang selalu menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan manfaatnya yang begitu banyak. Buah ini kaya akan kalium, vitamin B6 dan C, magnesium, tembaga, mangan, dan serat. Intinya, pisang adalah sumber mineral yang bagus untuk semua jenis kelamin, usia, kasta, serta  bentuk dan ukuran tubuh.

Tapi tahukah Anda bahwa bunga atau jantung pisang punya manfaat yang tak kalah menakjubkan? Dalam beberapa hal, jantung pisang bahkan diklaim memiliki dampak yang lebih baik.

Dilansir dari Times of India, Selasa, 3 Desember 2019, jantung pisang sebagai obat alami, tapi sangat jarang dimanfaatkan bahkan cenderung diremehkan. Padahal, ada beberapa khasiat jantung pisang yang mungkin mengejutkan Anda.

Jantung pisang memiliki kandungan mikronutrien yang sama seperti buah. Bunga ini juga mengandung methanol yang memiliki sifat antioksidan kuat dan mengandung dosis vitamin B6 dan C yang lebih kuat, serta serat. Bunganya juga mengandung vitamin E dan protein.

Gabungan nutrisi tersebut memberikan beberapa manfaat kesehatan yang sangat baik, seperti berikut ini.

1. Mengurangi kram saat menstruasi

Jantung pisang mengurangi kram perut saat menstruasi karena dapat meningkatkan produksi progesterone dan membantu mengurangi perdarahan.  Selain itu, bunga ini juga mencegah masalah perut seperti sembelit dan kembung, dan dapat membantu dalam penatalaksanaan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS).

2. Antidepresan alami

Magnesium dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Dengan kandungan magnesium yang tinggi, bunga pisang diklaim efektif mengatasi kondisi seperti itu dan meningkatkan suasana hati.

3. Mengontrol diabetes

Ekstrak bunga pisang mengandung asam fenolat dan bioaktif lainnya, yang telah terbukti meningkatkan penyerapan glukosa. Hal ini akhirnya mengurangi kadar gula darah.

4. Meningkatkan produksi ASI

Jantung pisang adalah galactagogue alami. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

5. Baik untuk kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang kaya membuat jatung pisang dapat mencegah penuaan dini dan memperlambat proses penuaan karena dapat meningkatkan kesehatan kulit.

6. Mencegah penyakit kronis

Antioksidan dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel tubuh. Dengan kandungan antioksidan tinggi, jantung pisang dapat mencegah kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.