Lenggak-Lenggok Istri Pejabat Sumsel di Pasar Tiban Anne Avantie

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pembukaan Pasar Tiban Anne Avantie di Palembang Icon Mall, Jumat sore, 22 November 2019.

Pembukaan Pasar Tiban Anne Avantie di Palembang Icon Mall, Jumat sore, 22 November 2019.

IKLAN

CANTIKA.COM, Palembang - Menonton peragaan busana oleh peragawati dan peragawan profesional adalah lumrah bagi kalangan istri pejabat. Namun kali ini ada yang berbeda dari ibu-ibu ini. Istri bupati, istri gubernur hingga istri Panglima Kodam, didaulat untuk berlenggak-lenggok di catwalk layaknya peragawati berbayar di Pasar Tiban Anne Avantie di Palembang Icon Mall, Jumat, 22 November 2019. 

Mengenakan kebaya nasional berwarna agak gelap bermotif bunga-bunga dan dipadukan kain songket khas Palembang, Febrita Lustia, istri Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru ini berhasil memukau penonton yang memadati atrium Mall.

Tak lupa beberapa kali ia mengembangkan senyum khasnya. Sebagaimana model profesional, Febrita juga sempat mengibaskan selendang yang ia kenakan.

Febrita Lustia, istri Gubernur Sumsel Herman Deru ini berhasil memukau penonton yang memadati atrium Palembang Icon Mall saat memeragakan busana koleksi Anne Avantie. TEMPO/ Parliza Hendrawan

Tidak kalah dengan penampilan Febrita, Rina Irwan, yang merupakan istri dari Panglima Kodam II Sriwijaya juga berhasil mendapat applause dari para penonton. Sore itu Rina mengenakan kebaya berwarna gelap berpadu dengan kain songket Palembang pada bagian bawahan dan selendangnya. Tampilannya makin elegan, manakala kerudung yang dikenakannya seirima dengan warna pakaiannya.

Pasar Tiban karya anak negeri Anne Avante bisa dibilang sebagai salah satu sarana unjuk kebolehan istri para pejabat. Di awal peragaan busana dibuka, penonton terlebih dahulu disuguhi peragaan kebaya oleh istri Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel, Sugeng Purnomo serta istri dari Bupati OKU Selatan Isyana Lonetasari Ali Popo, istri Bupati Empat Lawang Heffi Safriana Joncik, istri Bupati Muratar Lia Mustika Syarif hingga istri Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni.

Istri Gubernur Sumsel , Kejati Sumsel, Pangdam II Sriwijaya dan sejumlah istri bupati dan walikota se sumsel ikut memperagakan busana karya Anna Avantie di Pasar Tiban, Palembang Icon Mall 22 November 2019. TEMPO/Parliza Hendrawan

Tidak ketinggalan, para penonton juga bisa menyaksikan penampilan runner up IV Putri Indonesia 2018, Berliana Permatasari.

Menurut Febrita Lustia, Pasar Tiban yang berlangsung hingga akhir bulan November ini dapat memberikan warna dan motivasi bagi UKM-UKM yang berada di Sumatera Selatan. Ajang ini juga dapat mengenalkan kembali kerajinan unggulan daerah yang tak kalah terkenalnya dengan provinsi lain seperti songket, tenun, jumputan, blongsong, dan anyaman.

Febrita Lustia berharap kedatangan Anne Avantie ke Sumatera Selatan ini dapat mengangkat kerajinan ke acara-acara besar. “Semoga kehadiran Anne Avantie bisa menjadi inspirasi UKM di sini,” kata ia.

Perancang kenamaan Anne Avantie menjelaskan, ia sengaja membuka Pasar Tiban di Palembang lantaran kota tersebut dikenal kaya akan kain dan busana tradisional seperti songket. Kehadiran Anne Avantie di Palembang sekaligus cara ia merayakan 30 tahun kiprahnya di dunia busana nasional dan internasional.

Ia juga ingin memacu kreativitas anak muda, utamanya perajin yang tergabung dalam UKM untuk terus melaju dan berkembang ditengah keterbatasan sekalipun. “Saya bisa seperti ini, meskipun saya tidak bisa menjahit, tidak bisa membuat pola,” ucap Anne Avantie.

PARLIZA HENDRAWAN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."