5 Langkah Merawat Kulit Wajah bagi Anda yang Sibuk

ilustrasi perawatan kulit bersama pasangan. boldsky.com

kecantikan

5 Langkah Merawat Kulit Wajah bagi Anda yang Sibuk

Senin, 25 November 2019 09:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutinitas merawat kulit wajah bisa sangat melelahkan. Bayangkan perawatan kulit ala Korea yang bisa mencapai 12 langkah, dari cuci muka dua langkah hingga glow masks dan sheet masks. Padahal tak semua orang punya waktu banyak untuk melakukan perawatan.

Sebagian orang percaya yakin bahwa semakin sedikit langkah perawatan hasilnya akan semakin baik. Meskipun begitu, ada lima langkah dasar perawatan yang wajib diikuti untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan bercahaya, seperti dilansir dari laman Indian Express

1. Cuci muka Anda dua kali sehari

Anda tentu sudah tahu yang satu ini. Dengan jadwal yang padat, banyak orang yang tidur tanpa mencuci wajahnya, lalu mengeluh ketika bangun dengan jerawat.  Dianjurkan untuk mencuci wajah dua kali sehari untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit.

3. Tabir surya

Tabir surya adalah wajib untuk siang hari. Meskipun produk kosmetik yang Anda gunakan sudah mengandung SPF, sebaiknya Anda tetap menggunakan tabir surya. Namun, jika Anda sedang terburu-buru tapi tetap harus merias wajah, pilihlah tabir surya berwarna sebagai pengganti foundation. Setelah di luar rumah, jangan lupa mengaplikasikan ulang setiap dua jam.  

3. Melembapkan

Untuk menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi, jangan lupa menggunakan pelembap di pagi maupun malam hari. Aplikasikan pelembap secara teratur berdasarkan jenis kulit Anda.

4. Eksfoliasi

Bagi Anda yang sering berada di tempat terbuka karena pekerjaan, lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit dua kali seminggu. Paparan udara yang tercemar dan faktor eksternal lainnya dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan sel kulit mati pada wajah. Pengelupasan kulit secara teratur juga akan menghentikan perkembangan jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Jangan berlebihan soal makeup

Produk makeup semakin menggoda karena bisa membuat wajah Anda lebih menarik. Namun, terlalu banyak mencoba-coba makeup dapat membingungkan kulit. Jika Anda masih memiliki setengah pelembap atau produk kecantikan lainnya, jangan beli produk baru dari merek lain. Dengan cara ini, Anda tidak hanya berhemat dan kulit Anda akhirnya menyesuaikan dengan rutinitas, tetapi Anda juga menyelamatkan lingkungan dari sampah.

MILA NOVITA