5 Tanda Tubuh Kurang Konsumsi Sayuran, Ada Memar dan Sulit Fokus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sayuran. TEMPO/Aditia Noviansyah

Ilustrasi sayuran. TEMPO/Aditia Noviansyah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sayuran salah satu komponen pemenuhan protein, serat, dan gizi lainnya yang wajib kita penuhi. Tapi jujur saja, beberapa di antara kita masih kurang konsumsi makanan kaya serat ini. Tubuh pun bisa menunjukkan tanda-tanda Anda kurang mengkonsumsi sayur.  

Berikut sejumlah tanda pada tubuh Anda agar meningkatkan konsumsi sayuran, dikutip dari laman Indian Express

1. Memar

Sayuran mengandung berbagai gizi mulai dari protein dan mineral hingga vitamin. Jika Anda tidak memakannya, tubuh Anda akan mulai menunjukkan kekurangan. Ketika vitamin C rendah, akan ada peningkatan risiko memar.

Jika Anda melihat memar terlalu banyak pada tubuh Anda, mulailah mengkonsumsi paprika merah, kangkung, brokoli, sayuran berdaun gelap dan lainnya.

2. Lelah

Merasa lelah adalah hal yang normal karena ini cara tubuh Anda memberi tahu Anda untuk beristirahat. Tapi, jika Anda lelah sepanjang waktu, kemungkinan besar, Anda kurang asupan.

Kekurangan vitamin B dan zat besi dapat menyebabkan kelelahan. Untuk itu, mulailah makan sayuran hijau dan sayuran bertepung seperti kacang merah, asparagus, dan lentil.

3. Kekebalan rendah

Sedikit perubahan cuaca bisa membuat Anda batuk dan bersin? Ini tanda klasik Anda membutuhkan sayuran untuk meningkatkan kekebalan Anda. Rasa dingin yang mengganggu adalah pertanda pertahanan Anda turun. Segera konsumsi makanan mengandung vitamin C, seperti sayuran berdaun hijau.

4. Sulit fokus

Mengalami kesulitan mengingat hal-hal dan fokus? Jika ya, kemungkinan Anda membutuhkan kebaikan sayur untuk membuat Anda kembali normal. Konsumsilah wortel, brokoli, jagung, tomat, dan sayuran berdaun.

5. Kram otot

Tanda klasik kekurangan sayuran adalah kram otot, terutama usai berolahraga di luar ruangan. Anda dapat dengan mudah menyingkirkan ini dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."