Ciri Busana Kerja Puan Maharani Bernuansa Batik dan Formal

Puan Maharani saat menghadiri pertemuan G20 Parliamentary Speakers' Summit di Tokyo, Jepang. Instagram.com/@puanmaharaniri

kecantikan

Ciri Busana Kerja Puan Maharani Bernuansa Batik dan Formal

Senin, 18 November 2019 12:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaPuan Maharani merupakan putri dari Presiden kelima Republik Indonesia (RI), Megawati Soekarnoputri dan mendiang Taufiq Kiemas. Mengikuti jejak orang tuanya, Puan Maharani terjun ke dunia politik sejak muda. Dimulai dari menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan di Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR menggantikan Tjahjo Kumolo, anggota badan kelengkapan dewan BKSAP (Badan Kerjasama Antar Parlemen), duduk di komisi VI dan kemudian Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI periode 2012-2014.

Lalu, ia didaulat menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja periode 2014-2019. Kini perempuan berusia 56 tahun ini duduk sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Sebagai politikus muda di era milenial, Puan kerap membagikan kegiatan dan pemikirannya di Instagram. Tak hanya itu, kita juga bisa mengulik busana kerja Puan Maharani yang punya sejumlah ciri khas. Ia selalu mengenakan busana sentuhan batik. Nuansa formal juga terpancar dari konsistensinya memakai celana bahan atau rok selutut berwarna hitam. Selain memiliki ciri dalam berbusana, penampilan rambutnya yang selalu dikuncir juga melekat pada Puan Maharani.

Berikut beberapa penampilan Puan Maharani mengulik akun Instagram ia

1. Atasan batik dan celana hitam

Puan Maharani saat menghadiri pada acara perpisahan Kabinet Kerja periode 2014-2019 dengan Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta ibu Mufidah Kalla di Istana Negara. Instagram.com/@puanmaharaniri

Saat menghadiri acara perpisahan menteri Kabinet Kerja era Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada akhir Oktober 2019 silam, Puan Maharani tampil smart look dengan atasan batik coklat bermotif dipadu celana hitam. Potongan atasan tersebut membentuk A line disertai sedikit aksen kerah cheongsam dan V neck.

Ia juga terlihat memakai aksesori jam tangan di pergelangan tangan kirinya. Dari tatanan rambut, Puan Maharani konsisten dengan gaya dikuncir rapi ke belakang dan polesan warna lipstik lembut di bibir. Untuk alas kaki, Puan memilih sepatu flat warna hitam.

2. Outer batik

Puan Maharani saat melantik pimpinan di Komisi 1 dan Komisi 3 DPR-RI periode 2019-2024 pada 31 Oktober 2019. Instagram.com/@puanmaharaniri

Saat menetapkan dan melantik pimpinan di Komisi 1 dan Komisi 3 DPR RI periode 2019-2024, Puan memilih outer batik coklat bermotif hitam. Di bagian atas outer terdapat detail kancing bulat sebagai pengait. Ia padukan outer itu dengan blus dan rok hitam. Di penampilan ini, ia memilih tatanan rambut disanggul.

3. Scarf batik

Puan Maharani saat menghadiri G20 Parliamentary Speakers’ Summit bertemu perwakilan Korea Selatan di Tokyo, Jepang. Instagram.com/@puanmaharaniri

Unggahan awal November ini selang beberapa hari sebelum unggahan Puan Maharani saat menjalani ibadah umroh di Mekkah. Ia menghadiri pertemuan G20 Parliamentary Speakers Summit di Tokyo, Jepang. Ia terlihat mengenakan kemeja biru tua bahan satin dipadu rok hitam potongan lurus.

Sebagai wakil Indonesia di forum internasional, ia tak melupakan sentuhan wastra Nusantara lewat lilitan scarf yang memanjang dari bagian kerah hingga ke bawah perut. Alas kaki yang dipakai Puan saat itu adalah sepatu flat hitam berujung lancip.