Begini Cara Membedakan Totok Wajah dan Totok Aura

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Segar dengan Totok Wajah

Segar dengan Totok Wajah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Totok wajah kerap menjadi perawatan diri banyak orang terutama wanita. Manfaat totok wajah baru akan terasa jika teknik melakukannya benar-benar tepat. Totok wajah adalah proses memberikan pijatan lembut di titik-titik tertentu wajah sehingga energi bisa mengalir lebih lancar. Tentu saja, tidak sembarang orang bisa melakukan totok wajah. Biasanya, hanya dilakukan oleh terapis berpengalaman.

Pijatan yang diberikan dalam totok wajah harus lembut, namun tetap terasa. Artinya, wajah mendapatkan tekanan yang cukup terasa namun tidak meninggalkan bekas. Saat totok wajah, terapis akan menekan area tertentu selama setidaknya 30 detik untuk mengaktifkan bagian tersebut.

Ada beragam manfaat totok wajah, mula dari melegakan saluran pernapasan, mengurangi hidung gatal atau tersumbat, mengembalikan fokus, menenangkan pikiran, mengurangi rasa cemas berlebih, meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan migrain atau sakit kepala, mengatasi sakit gigi atau masalah pada telinga, serta mengatur energi positif (yang) dan negatif (yin) dalam tubuh.

Selain itu ada banyak keunggulan lain dari totok wajah bergantung pada area mana yang mendapatkan tekanan. Biasanya, terapis akan merekomendasikan pijatan sesuai dengan keluhan yang dialami seseorang. Bedanya dengan perawatan seperti pijatan spa atau scrub wajah, totok wajah akan fokus pada area spesifik sepanjang meridian tubuh. Tujuannya, tentu saja agar energi dalam tubuh dapat mengalir lebih lancar. Biasanya, rutinitas atau kelelahan dapat membuat energi tersebut tersumbat.

Terapis totok wajah akan menggunakan jari dan telapak tangannya untuk memijat bagian wajah kliennya. Satu sesi totok wajah biasanya berlangsung selama satu jam. Beberapa fokus titik totok wajah di antaranya pada di titik lubang hidung menempel pada wajah, disebut juga dengan nasolabial groove. 

Titik ini digunakan untuk melegakan pernapasan atau mengatasi masalah hidung tersumbat, di tengah antara hidung dan bibir untuk membantu seseorang lebih tenang dan fokus. Titik di antara kedua alis untuk mengurangi rasa cemas berlebih dan meningkatkan kualitas tidur.

Titik di pelipis wajah, biasanya digunakan untuk mendapatkan manfaat totok wajah bagi yang kerap mengalami migrain, pusing, atau masalah pada mata. Titik yang terletak di tragus telinga atau bagian menonjol di telinga yang paling dekat dengan wajah. Manfaat totok wajah ini untuk meredakan sakit gigi hingga telinga tersumbat. 

Sebenarnya, totok wajah adalah prosedur yang sangat aman. Namun penderita kanker, jantung, arthritis, atau penyakit kronis lainnya sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Beberapa orang yang perlu menghindari totok wajah adalah:

- Penderita kanker yang sudah menyebar hingga ke tulang
- Ibu hamil, dikhawatirkan bisa menimbulkan kontraksi
- Mereka yang bermasalah dengan kelumpuhan wajah

Jika ada yang ragu apakah totok wajah aman bagi tubuhnya, sebaiknya menanyakan kepada dokter. Selain itu, pastikan terapis totok wajah benar-benar memiliki sertifikasi resmi.

Selain totok wajah, perawatan lain yang juga kerap dipilih adalah totok aura. Meski demikian, totok aura juga memadukan teknik totok sembari mendeteksi titik akupuntur di tubuh. Perbedaan utama antara totok wajah dan totok aura adalah penggunaan eksplorasi prana atau hawa murni.

Pada totok aura, eksplorasinya lebih mendalam sehingga dampaknya bisa lebih terasa, meski hanya satu kali perawatan. Sementara pada totok wajah, perlu beberapa kali perawatan untuk merasakan manfaatnya.

Terapis totok aura juga lebih menggunakan tenaga ketimbang totok wajah yang hanya memberikan tekanan lembut di wajah selama beberapa detik. Keduanya sama-sama bermanfaat bagi tubuh.

Namun yang perlu diingat, perawatan seperti totok wajah juga akan jauh lebih bermanfaat apabila seseorang merawat diri dari dalam, mulai dari makan bergizi, berolahraga ringan, dan juga menyayangi diri sendiri secara mental.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."