6 Kesalahan Umum saat Memakai Lipstik dan Merawat Bibir

Ilustrasi lipstik. express.co.uk

kecantikan

6 Kesalahan Umum saat Memakai Lipstik dan Merawat Bibir

Kamis, 14 November 2019 11:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Lipstik merupakan produk makeup yang wajib dipakai, setuju atau tidak? Sebab lipstik berwarna bisa membuat tampilan wajah lebih cerah. Pastinya Anda tahu itu, sebab beberapa di antara kita selalu menambahkan lipstik dulu sebelum berfoto bersama usai acara makan.

Itu sebabnya, produk kecantikan ini wajib ada di tas setiap wanita agar bisa dipakai di mana pun dan kapan pun. Meski terlihat mudah, memakai lipstik ternyata ada aturannya. Ada beberapa kesalahan umum yang banyak dilakukan wanita ketika memakai makeup ini, mau tahu?

Dilansir dari laman Times of India, berikut enam kesalahan yang paling sering terjadi saat mengaplikasikan lipstik.

1. Memakai lipstik pada bibir pecah-pecah

Saat bibir Anda sudah pecah-pecah, memulas lipstik membuat warna bibir tampak tidak merata di area tertentu. Lipstik akan menggumpal di area kering. Untuk menghindarinya, jaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi dan gunakan lip balm atau minyak untuk menghaluskan bibir.

2. Tidak menggunakan lip liner

Menggunakan lip liner dapat membantu membentuk bibir Anda dan memberikan hasil yang tahan lama. Melewatkan langkah ini bisa membuat lipstik Anda terlihat acak-acakan.

3. Warna lipstik tidak tepat

Sama seperti foundation, Anda perlu memilih warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit. Warna yang salah dapat membuat wajah Anda terlihat terlalu pucat atau gelap, sedangkan warna yang tepat dapat membuat wajah Anda terlihat cerah dan gigi lebih putih.

4. Terlalu banyak pakai lipstik

Mengoleskan lipstik terlalu tebal membuatnya mudah menempel di pakaian atau gigi. Jadi, setelah mengaplikasikan lisptik sebaiknya tempelkan tisu di bibir untuk menghindari kelebihan. Untuk menghindari lipstik menempel pada gigi, masukkan jari telunjuk Anda ke dalam mulut dan tarik keluar dengan cepat.

5. Tidak pernah eksfoliasi bibir

Eksfoliasi bibir sama pentingnya dengan melakukan scrubbing pada wajah. Scrubbing bibir yang baik dapat membantu menyingkirkan kulit mati dan membuat bibir Anda halus.

6. Lupa menghapus lipstik 

Meski terlihat pudar, bukan berarti lipstik Anda sudah terhapus dari bibir. Anda tetap perlu menghapusnya di malam hari. Sisa lipstik dapat membuat bibir Anda kering dan kasar.

MILA NOVITA