Benarkah Jerawat Bisa Sembuh dengan Self-Love?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jerawat masalah kulit wajah yang umum dialami setiap orang. Rasanya tentu menjengkelkan, apalagi jerawat tak kunjung hilang meski sudah mencoba berbagai macam cara. Mulai dari menjalani perawatan rekomendasi dokter, mencoba obat jerawat dari sintetis sampai herbal, tapi masih saja jerawatan.

Jika sudah mengerahkan segala cara, coba bertanya pada diri sendiri, apakah sudah cinta dengan diri sendiri? Psikolog Felicia Maukar, mengatakan self-love adalah sense of worth-nya atau bagaimana seseorang merasa dirinya berharga serta percaya pada diri sendiri.

"Ilustrasinya begini, kalau misal seseorang merasa tidak penting merawat diri ya enggak merawat diri, makan sembarangan, ah biarin saja. Ada yang sebaliknya kalau diri sendiri itu berguna dan berharga untuk diri sendiri," kata Felicia saat ditemui usai peluncuran program Soul Dewi di Jakarta, Rabu 6 November 2019.

Sama halnya dengan kasus jerawat yang tak kunjung sembuh. Bisa jadi orang tersebut butuh jerawat supaya diperhatikan. "Ia berpikir merasa berharga kalau ada yang perhatian sama ia, baik itu pasangan atau teman ada syaratnya, kalau tidak dicintai orang lain rasanya jadi tak berharga," imbuhnya.

Founder dan Co-Founder Soul Dewi; Dewi Leona Kauw dan Felicia Maukar menjelaskan pentingnya pemahaman self love dalam kehidupan sehari-hari, di Jakarta, Rabu 6 November 2019 di Jakarta (TEMPO: Foto: Ecka Pramita)

Ada juga, lanjut Felicia yang berpikir merawat diri karena dapat perhatian dari orang lain. "Bisa juga merasa tidak ada yang memperhatikan ya ngapain juga merawat wajah toh tidak ada orang yang memperhatikan," sambung Co-Founder Soul Dewi ini.

Felicia mengungkapkan melalui alam bawah sadar orang itu pun bisa menciptakan jerawatnya sendiri, bukan hanya faktor eksternal, seperti makanan dan penggunaan skincare yang tidak cocok.

"Kalau jerawat kita mau hilang, maka kita harus cinta diri kita terlebih dulu, kita cinta sama orang lain, akhirnya orang juga akan cinta. Kita butuh cinta orang lain untuk men-devine diri sendiri. Agar energi positif yang hadir bisa bantu menyembuhkan dari dalam," pungkas ia.

Melalui konsep self-love yang diusung Felicia bersama Soul Dewi mengajak masyarakat umum untuk mengenali sumber dari permasalahan. Banyak orang beranggapan masalah dari jerawat adalah penggunaan produk yang kurang tepat, kurang cocok atau hal lainnya.

Namun, jika dikaji lebih dalam penyebab permasalahan jerawat datangnya dari mana itu luas sekali, harus dilihat dari berbagai sisi, seperti sumber dari dalam atau luar. Perlu sekali edukasi konsep mencintai diri sendiri ini sejak dini.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."