Tips Memilih Serum yang Tepat dari Segi Bahan dan Harga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi serum kulit. Shutterstock

Ilustrasi serum kulit. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain tabir surya dan pelembap, serum juga berperan penting menjaga tampilan kulit wajah sehat. Bahkam, serum diyakini bekerja lebih dalam menjangkau lapisan kulit dengan kekuatan konsentratnya. Selain memperhatikan manfaatnya, kita juga harus memperhatikan cara memilih serum yang tepat. Komponen apa saja yang harus kita perhatikan?

“Serum itu unik karena konsentratnya tinggi, elegan dari segi kosmetik, dan mudah menyerap di kulit wajah,” jelas dokter kulit bersertifikat Mona Gohara, MD, seperti dilansir dari laman Well and Good. "Ini berarti Anda hanya perlu sedikit untuk mendapatkan manfaat dari bahan aktif. Anda bisa menggunakannya di samping rutinitas perawatan kulit tanpa insiden."

Selain konsentrat dan unggul dalam menembus lebih dalam ke lapisan kulit wajah, serum bekerja lebih efektif untuk mencerahkan kulit, terutama kandungan vitamin C, menurut Dr. Gohara:

“Serum mengirimkan bahan aktif melewati lapisan superfisial epidermis dan biasanya berbasis lemak, yang membantu menstabilkan dan mempertahankan bahan-bahan penting hingga dapat diserap oleh kulit,” kata Sheel Desai Solomon, MD, FAAD, dokter kulit di Carolina Utara, Amerika Serikat.

Berikut tiga poin yang harus diperhatikan saat belanja serum

1. Bahan aktif

"Cari serum yang mengandung bahan yang Anda tahu akan memberikan manfaat besar untuk kulit," saran Gohara. Beberapa contohnya, retinol untuk keriput, asam hialuronat untuk kekeringan, atau vitamin C untuk mencerahkan.

Tidak yakin apa yang Anda butuhkan? Jika ragu, pilihlah serum antioksidan. Tujuan universal untuk setiap dan semua jenis kulit, ini memerangi radikal bebas, mengatasi tanda-tanda penuaan, dan meningkatkan kesehatan kulit Anda, kata Dr. Solomon.

Untuk hasil terbaik, aplikasikan serum sebelum tabir surya setiap pagi. Tujuannya bisa menjadi garis pertahanan kedua mencegah masuknya radikal bebas dari paparan sinar ultraviolet.

2. Ekstra kandungan pelembap

Selain kandungan aktif utama di atas, pilihlah serum yang memiliki kandungan pelembap, seperti ceramides, asam amino, dan asam lemak. Kandungan tersebut akan lebih meningkatkan manfaat serum terhadap kulit, catat Dr. Solomon.

3. Harga

“Serum adalah momen Anda berbelanja dengan anggaran yang cukup besar. Secara perlahan dan konstan serum mampu menciptakan keajaiban bagi kulit Anda. Harga produk ini tidak ada yang murah sebab sudah terbukti andal,” imbuh Dr. Gohara.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."