4 Tips Menata Interior Rumah Bertema Ramah Lingkungan

Pot tanaman hijau di ruang keluarga karya HelloEmbryo (Sumber: arsitag.com)

ragam

4 Tips Menata Interior Rumah Bertema Ramah Lingkungan

Sabtu, 2 November 2019 19:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di akhir pekan ini, Anda berencana memberikan sentuhan baru di interior rumah? Bila iya, mulailah pertimbangkan hal-hal yang berbau menjaga lingkungan bagi Anda yang belum menerapkannya. Sebab menjaga lingkungan juga bisa dimulai dari dalam rumah Anda sendiri, seperti mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai, mengurangi jejak karbon dari furnitur hingga memasukkan tumbuhan.

Berikut sejumlah tips menata interior rumah yang ramah lingkungan seperti dilansir dari laman Pink Villa

1. Manfaatkan tanaman untuk dekorasi rumah

Tips ini menciptakan gaya hidup yang ramah lingkungan. Kehadiran tanaman bisa membantu memurnikan udara dan meningkatkan kadar oksigen di sekitar rumah. Hal ini juga menambahkan sentuhan alam di dalam hunian Anda.

2. Membeli furnitur bekas

Membeli furnitur bekas juga bisa membantu keberlangsungan lingkungan. Salah satu contohnya, Anda bisa mengurangi pemanfaatan kayu lebih banyak lagi dan menurunkan jumlah pohon yang ditebang, jika Anda kolektor furnitur kayu.

3. Manfaatkan furnitur lama

Bila Anda sudah mendonasikan beberapa barang bekas dan masih ada yang tersisa karena Anda tak rela melepaskannya, maka manfaatkanlah sebagai dekorasi tambahan. Misanya jika ada kalung dari kain kesayangan Anda yang sudah robek sedikit bisa dimanfaatkan sebagai hiasan kaca. Bila Anda mempunyai cangkir tua yang sudah sedikit sumbing, gunakan sebagai pot di area dapur.

4. Belilah barang-barang dari seniman lokal

Seniman lokal memiliki jejak karbon yang lebih kecil dibandingkan dengan produk merek ternama. Sebab produk massal itu mengeluarkan lebih banyak racun selama produksi, pengiriman, dan pengemasan sehingga meninggalkan jejak karbon yang sangat besar.