8 Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

3. Oleskan pelembap bibir

Untuk mengatasi sekaligus mencegah bibir pecah-pecah, Anda bisa rutin mengoleskan pelembap bibir. Contohnya, lip balm yang mengandung petroleum jelly, lanolin, dan beeswax. Namun ingatlah bahwa Anda sebaiknya menghindari produk pelembap bibir yang mengandung wewangian atau parfum, pewarna, mentol, atau asam salisilat. 

Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit dan menambah kekeringan pada bibir. Akibatnya, kondisi bibir pecah-pecah dapat makin memburuk. 

4. Hindari kebiasaan menjilat bibir

Tahukah Anda bahwa kebiasaan menjilat bibir dapat membuat bibir kering? Pasalnya, air liur termasuk cairan yang sangat mudah kering dan menguap. Sebagai akibatnya, bibir pun semakin sering kering bila Anda kerap menjilatnya. Kondisi kering kemudian bisa berujung pada bibir pecah-pecah. Oleh sebab itu, hentikan kebiasaan menjilat bibir Anda. 

5. Gunakan bahan-bahan alami

Ada beberapa bahan alami ala rumahan yang berfungsi mengatasi sekaligus mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Contohnya, lidah buaya dan minyak kelapa. Kedua bahan alami tersebut diketahui mengandung antiperadangan dan antimikroba. Kandungan ini dapat mencegah infeksi, serta melembapkan dan menghaluskan kulit bibir.

6. Lakukan eksfoliasi kulit secara rutin

Salah satu langkah penting dalam mengatasi bibir pecah-pecah adalah melakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Proses eksfoliasi akan mengelupas kulit yang pecah-pecah pada bibir, sehingga kulit baru bisa tumbuh. Proses pengelupasan tersebut bisa Anda lakukan dengan menggunakan produk scrub bibir. Sebagian besar produk ini mengandung gula pasir atau baking soda (soda kue). 

7. Bernapas melalui hidung, bukan mulut

Bernapas melalui mulut dapat menyebabkan bibir kering dan memperparah kondisi pecah-pecah yang dialami. Pasalnya, cara bernapas melalui mulut membuat orang cenderung lebih sering menjilat bibirnya. Sebab itu, usahakan agar Anda selalu menghirup dan mengembuskan napas melalui hidung. Bila hidung Anda sering tersumbat, mintalah bantuan dokter untuk mengatasinya agar Anda bisa kembali bernapas dengan lancar melalui hidung. 

8. Jangan merokok

Asap tembakau yang berasa dari rokok dapat menyebabkan iritasi di area bibir, terutama pada Anda yang memiliki kulit sensitif. Hal ini yang berpotensi membuat bibir kering dan pecah-pecah, serta memperparah kondisinya.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."