Cara Mengecek Perkembangan Janin lewat Jumlah Tendangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil. (Unsplash/Suhyeon Choi)

Ilustrasi ibu hamil. (Unsplash/Suhyeon Choi)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pada usia kehamilan tertentu, Anda akan mulai merasakan pergerakan janin di dalam perut. Ini adalah salah satu hal paling menyenangkan selama kehamilan karena menandakan bahwa bayi Anda tumbuh dengan baik. 

Ada beberapa gerakan janin yang bisa Anda rasakan, seperti dijabarkan laman Times of India. Pertama, mereka menekuk leher yang biasanya dimulai sekitar minggu ke-7 kehamilan, kemudian mereka mulai menggerakkan bagian tubuh lain. Di usia kehamilan sekitar  16 hingga 18 minggu, mereka mulai menendang.

Menendang adalah bukti bahwa si kecil tumbuh dan berkembang. Kalau ingin tahu seperti apa perkembangan bayi Anda, Anda perlu menghitung tendangan bayi dalam periode tertentu.

Menghitung tendangan janin pada dasarnya untuk mengetahui gerakan bayi selama periode waktu tertentu. Penurunan gerakan bisa menjadi pertanda masalah, seperti penurunan cairan ketuban atau kantung ketuban pecah. Jadi, sebagian besar wanita hamil dianjurkan untuk memantau tendangan bayi mereka mulai pada minggu ke-28 kehamilan untuk menghindari komplikasi.

 

Bagaimana menghitungnya? Anda bisa melakukannya ketika bayi Anda paling aktif, misalnya di sore hari atau setelah ngemil. Setelah Anda yakin bahwa bayi sudah bangun, duduklah dengan nyaman dengan kaki tegak atau berbaring miring dan mulailah menghitung gerakan. Catat jumlah waktu yang digunakan untuk menghitung 10 gerakan.

Secara umum, melakukan penghitungan tendangan membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit, tetapi kadang-kadang bahkan memakan waktu dua jam.

Anda perlu waspada jika tendangan bayi cukup jarang, misalnya hanya 10 dalam 2 jam ketika ia sedang aktif. Situasi ini memang bukan keadaan darurat yang mengancam jiwa, tetapi ada baiknya Anda berhati-hati. Jika gerakan janin Anda di dalam kandungan mengalami penurunan tajam, sebaiknya kunjungi dokter.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."