Mom Shaming pada Ibu Hamil Ikut Berdampak pada Janin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi hamil bermasalah. shutterstock.com

Ilustrasi hamil bermasalah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tindakan mempermalukan seorang ibu atau mom shaming dapat menimbulkan masalah yang mempengaruhi psikologis perempuan. Setiap wanita dapat mengalami mom shaming termasuk ibu hamil dan itu bisa mempengaruhi kondisi ibu hamil, termasuk kesehatan janin.

Padahal, menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan N.B Donny A.M,  kesehatan mental merupakan salah satu aspek kesehatan yang penting untuk diperhatikan terutama saat persiapan kehamilan. Baik selama menjalani masa kehamilan, dan pada pemahaman jika kehamilan yang sehat berasal dari kesehatan fisik dan kesehatan mental.

"Belum lagi faktor hormon norepinefrin yakni hormon yang dihasilkan dari kelenjar adrenal yang turut berdampak pada janin. Hormon tersebut mengirim sinyal ke bayi dan akan memicu kontraksi saat belum cukup bulan," ucap dokter Donny saat ditemui usai Talkshow Kampanye Anti-Mom Shaming di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan N. B. Donny A.M, saat ditemui di acara Talkshow Kampanye Anti-Mom Shaming di Jakarta, Selasa 15 Oktober 2019. Tempo/Eka Wahyu Pramita

Lebih lanjut dokter Donny memaparkan efek stres akibat mom shaming yang dialami ibu hamil berdampak pada janin, yaitu berat badan bayi lahir rendah, berpengaruh pada pertumbuhan otak janin, berpengaruh pada tumbuh kembang bayi, pasokan oksigen janin berkurang

Jika ibu hamil dapat mengelola stres dengan baik, maka respon tubuh terhadap stres relatif bisa menurun. "Jika terjadi terus-menerus, maka ibu hamil sesegera mungkin periksa ke dokter," tukas Dokter Donny.

Sementara terkait dengan masalah stres pada ibu hamil, aplikasi Hallobumil diluncurkan dengan tujuan mendukung perjalanan setiap perempuan dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat. Termasuk juga memahami setiap tantangan dan situasi yang tidak menyenangkan akibat mom shaming.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."