Hari Pangan Sedunia, Berikut 7 Makanan Sumber Vitamin D

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi telur mentah (pixabay.com)

Ilustrasi telur mentah (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Pangan Sedunia selalu diperingati setiap 16 Oktober bertepatan dengan tanggal lahir Organisasi pangan dan pertanian dunia (FAO). Mengutip situs resmi FAO, topik yang diangkat tahun ini mengenai makanan sehat untuk mencapai #ZeroHunger atau tidak adanya kondisi kelaparan lagi. Salah satu komponen makanan sehat ialah mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, contohnya vitamin D.

Konsumsi makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D tidak hanya menjaga kepadatan tulang, tetapi juga panganan wajib bagi yang mengalami gangguan tulang belakang seperti kifosis atau tulang belakang yang melengkung ke depan.

Berikut 7 makanan yang kaya vitamin D dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang

1. Ikan

Ikan salmon dan tuna adalah jenis ikan berlemak yang dapat menjadi pilihan makanan kaya vitamin D. Hanya dengan mengonsumsi 85 gram ikan salmon, Anda telah memenuhi lebih dari asupan vitamin D harian Anda. Ikan salmon dalam kaleng bahkan mengikutsertakan bagian tulang ikan yang lebih lembut dan bisa dimakan. Oleh karenanya, ikan salmon kaleng juga mengandung kalsium.

Sementara dalam ikan tuna, tidak hanya terkandung vitamin D, tetapi juga magnesium, asam amino omega-3, dan potasium. Sedang ingin berhemat? Jangan khawatir! Ikan lele yang murah dan dijual di warteg pinggir jalan juga adalah salah satu sumber vitamin D yang baik untuk tulang!

2. Susu dan keju

Susu adalah salah satu makanan untuk tulang yang sudah umum diketahui. Secangkir susu telah memenuhi setidaknya 30 persen kalsium harian yang dibutuhkan. Terkadang, susu yang telah dijual di supermarket telah ditambahkan juga dengan vitamin D.

Keju yang juga merupakan produk olahan dari susu bisa menjadi alternatif makanan untuk tulang yang kaya kalsium. Jika sedang ingin mengurangi konsumsi lemak, Anda bisa mengonsumsi keju atau susu yang rendah lemak.

3. Yogurt

Tidak hanya berguna untuk kesehatan pencernaan dan tinggi protein, yogurt juga kaya akan kalsium. Berbeda dengan keju, kalsium dalam yogurt melebihi susu yang menjadi bahan dasarnya. 227 gram yogurt yang rendah lemak sudah memenuhi 42 persen dari kebutuhan kalsium harian Anda.

4. Susu kacang

Ingin alternatif lain selain susu sapi? Susu dari kacang mede, kedelai, almond, dan sebagainya bisa menjadi pilihan lainnya. Tidak hanya itu, pengganti susu yang umumnya dijual di supermarket diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.

5. Telur

Telur tidak hanya nikmat dan praktis, tetapi memiliki bagian kuning telur yang mengandung vitamin D. Jika Anda hanya mengonsumsi bagian putih telur saja, maka Anda harus mencari makanan untuk tulang lainnya yang kaya akan vitamin D.

6. Brokoli

Tidak suka susu atau alergi susu? Brokoli siap menjadi salah satu bahan makanan sehari-hari Anda! Brokoli yang kaya kalsium juga mengandung serat, vitamin C, dan gizi lain yang membantu melawan kanker.

7. Sayuran berdaun hijau

Selain brokoli, sayuran berdaun hijau lainnya juga bisa menjadi sumber kalsium untuk tulang. Sayuran berdaun hijau tidak hanya kaya kalsium, tetapi juga kaya magnesium yang menjaga tulang dan vitamin K yang membantu metabolisme tulang. Meskipun demikian, bayam mengandung asam oksalat yang mencegah tubuh menyerap kalsium dalam sayur bayam.

   

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."