Direktur MAP Fetty Kwartati: 5 Tipe Wanita Karier Retail Konsumer

Fetty Kwartati Director of Investor Relations & Corporate Communications PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Tempo/Muhammad Hidayat

karir

Direktur MAP Fetty Kwartati: 5 Tipe Wanita Karier Retail Konsumer

Senin, 7 Oktober 2019 15:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Memasuki tahun karier ke-15 di PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), Fetty Kwartati mempunyai sejumlah memori berkesan. Ia merintis karier di MAP saat MAP menjelang Initial Public Offering (IPO) dengan latar belakang karier sebelumya sebagai bankir di bank swasta. Menurut Fetty selaku Director of Investor Relations & Corporate Communications MAP ini, dunia retail dan consumer goods sangat dinamis dan erat dengan kehidupan sehari-hari.

Perempuan 51 tahun ini mengungkapkan sejumlah kriteria yang sebaiknya dimiliki perempuan yang memilih karier di dunia retail konsumer. Mulai dari passion hingga kepribadian yang fleksibel dalam mengadopsi perubahan yang cepat dan melek tren.

1. Passion

Gairah kerja atau passion dalam memilih karier apapun menjadi modal utama untuk bertahan dan mengembangkan potensi diri. “Dunia retail adalah dunia baru bagi saya 15 tahun lalu. Karena sebelum di retail, saya di perbankan. Saya menikmati bisnis retail konsumer ini sangat dinamis dan relate dengan kehidupan sehari-hari.  Karena harus mengutamakan tren, speed, detail, dan taste customer. Itu hal-hal yang membuat retail konsumer menarik untuk saya,” ungkap Fetty saat ditemui Cantika di kantornya di Sahid Sudirman Center, Jakarta Pusat, pada akhir September 2019.

2. Komitmen yang tinggi

“Mengingat dunia retail ini terkait detail, speed, dan bagaimana melihat dan mengantisipasi tren ke depan, dibutuhkan komitmen yang tinggi dalam bekerja. Bagaimanan kita bisa menyesuaikan diri dengan demand yang ada saat itu,” tutur Ketua Panitia Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) sejak 2017 hingga 2019.

Fetty Kwartati, Director of Investor Relations & Corporate Communications PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Tempo/Muhammad Hidayat

3. Saling melengkapi

Dunia retail atau lainnya memerlukan kinerja gender yang seimbang sebab laki-laki maupun perempuan saling melengkapi. “Kebetulan dalam bekerja, female karakternya lebih detail, telaten, punya empati serta pandai membaca situasi kemudian menyesuaikannya. Sedangkan male keunggulannya bisa bersifat tegas dan kepemimpinannya sangat strong. Mengenal kemampuan diri dan bersinergi dengan male juga menjadi penentu dalam menunaikan tugas pekerjaan,” rangkum Fetty yang juga tergabung dalam Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE).

4. Kepribadian yang fleksibel

“Salah satu tantangan karier ialah dinamika yang cepat sehingga butuh adjustment yang tepat sekaligus fleksibilitas yang tinggi. Dalam hal ini kita harus tegas, tapi juga fleksibel terhadap beragam perubahan. Hal itu sangat dibutuhkan dalam karier di retail dan consumer goods,” ucap ibu dua anak ini.

5. Melek tren

Perkembangan zaman seperti beragam platform digital yang terus berkembang dengan kecepatan teknologi juga tidak bisa diabaikan dalam karier di retail. “Saya termasuk tim terus berkreasi mengadopsi perubahan zaman ke dalam dunia retail. Kami mengawinkan hal-hal berbau teknologi yang mendukung perkembangan bisnis retail kami,” tuturnya.

Lebih lanjut Fetty menjabarkan, “Salah satu contoh terbarunya adalah digiMAP. Kami sebagai authorized premium seller dari Apple mensinergikan setiap pembelian produk-produk Apple di-link dengan program loyalty membership card. Saat membeli iPhone, mereka dapat poin di MAP Club dan bisa digunakan untuk transaksi belanja lainnya.”