3 Cara Jitu Berkomunikasi Pekerjaan via Telepon atau Video Call

Ilustrasi perempuan sedang menelepon. (Unsplash/Dane Deaner)

ragam

3 Cara Jitu Berkomunikasi Pekerjaan via Telepon atau Video Call

Senin, 7 Oktober 2019 14:30 WIB
Reporter : Non Koresponden Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Berkomunikasi melalui telepon atau video untuk urusan bisnis atau pekerjaan sudah lazim dimanfaatkan banyak orang. Sebab bisa menghemat waktu dan lebih efisien. Dengan menggunakan telepon, dua orang yang memiliki jarak jauh pun dapat tetap berkomunikasi. Lewat video call, kita bahkan bisa menyelenggarakan rapat antar negara seperti yang diterapkan perusahaan multinasional yang berbasis di benua lain.

Memang komunikasi melalui telepon atau video tidak dapat disamakan dengan kualitas komunikasi dengan tatap muka secara langsung. Tapi ini salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan, bila terpisah jarak dan waktu untuk urusan bisnis atau profesional. Agar komunikasi berjalan lancar, ada baiknya pula Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin. 

Mengutip dari laman Real Simple, berikut ini tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan panggilan telepon atau video berjalan efektif.

1. Terlibat secara fisik

Saat menelepon, memang hanya suara yang akan terdengar. Namun sebenarnya, tetap harus menggunakan gerakan fisik saat menelepon. Nada suara Anda dapat menggambarkan gerakan fisik Anda saat menelepon. Senyum dan gerakan tangan muncul dalam suara Anda, jadi cobalah untuk terlibat secara fisik sama seperti Anda secara mental.

2. Buat catatan tentang sosok lawan bicara 

Catatlah apa yang Anda ingin tanyakan atau bicarakan kepada lawan bicara Anda. Mulailah dengan nama orang tersebut dan detail apa pun tentang mereka yang sudah Anda tahu. Mencari tahu latar belakang dan minat seseorang dapat membuat Anda berdua nyaman dan membantu percakapan lebih mengalir.

3. Persiapkan diri 

Anda dapat duduk di depan dinding polos dan pastikan kamera diatur pada posisi yang bagus. Saat berbicara, lihatlah ke kamera dan juga gambar Anda di kamera. Anda juga dapat menempelkan catatan kecil di dekat kamera. Persiapkan diri Anda minimal 15 menit sebelum memulai obrolan yang sudah dijanjikan. 

MARVELA