Jangan Sering Melihat Jam dan 4 Hal Ini Saat Temu Partner Bisnis

Ilustrasi beberapa pekerja sedang rapat serius. shutterstock.com

karir

Jangan Sering Melihat Jam dan 4 Hal Ini Saat Temu Partner Bisnis

Senin, 2 September 2019 16:36 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bahasa tubuh atau gerak-gerik salah satu modal penting bagi pekerja maupun pebisnis. Terutama bagi yang ranah pekerjaannya banyak dituntut untuk bertemu klien, partner bisnis, atau calon investor. Bekal pembawaan bahasa tubuh yang baik dan meyakinkan sudah mendapat satu poin kepercayaan oleh orang yang Anda ajak bertemu, terutama partner bisnis. 

Agar Anda tidak salah menunjukkan bahasa tubuh kepada partner bisnis, tak ada ruginya mempersiapkan diri dengan melatih di depan cermin atau merekam kebiasaan-kebiasaan bahasa tubuh apa yang kerap tidak disadari. Atau bisa juga berlatih dengan pasangan atau rekan kerja sebelum berangkat ke pertemuan. Sebab bila salah menunjukkan bisa berdampak buruk pada apa yang ingin dicapai.

Berikut ini sejumlah bahasa tubuh yang wajib dihindari saat bertemu klien atau partner seperti dilansir dari laman Everyday Power dan Life Hack.

1. Tidak ada kontak mataKetika tak menatap mata lawan bicara, maka membuat mereka berpikir Anda tidak bisa dipercaya dan menyembunyikan sesuatu. Lakukan kontak mata yang baik untuk membangun kepercayaan dan menunjukkan Anda terlibat dan tertarik dengan apa yang tengah diperbincangkan.

2. Melihat ponselJika lebih sering melihat ponsel ketika seseorang berbicara, itu sinyal jelas bahwa Anda tidak tertarik pada apa yang dia ucapkan. Ini juga pertanda arogansi. Sebaiknya, matikan ponsel atau simpan saja dalam tas dalam posisi hening. Begitu juga saat membuat catatan, hindari mencatatnya di ponsel karena terkesan Anda tengah mengirim atau membaca pesan, sementara dia berbicara. Sebaiknya, siapkan buku catatan dan pena.

3. Berkali-kali melihat jamApakah itu melihat jam tangan atau jam dinding, maka pesan yang akan ditangkap lawan bicara adalah Anda memiliki sesuatu yang lebih penting daripada pertemuan dengannya. Ini juga akan membuat orang lain merasa terburu-buru juga. Lupakan waktu dan fokus pada pertemuan.

4. Menggenggam dan menggosok tangan Jika melakukan ini, orang bisa membaca Anda gugup atau tidak nyaman. Biarkan tangan alami di sisi tubuh atau di pangkuan, tergantung pada apakah Anda sedang duduk atau berdiri. Selain itu, hindari melakukan hal-hal seperti memijat persendian hingga berbunyi dan hal-hal lain yang tak perlu.

5. Menyilangkan tangan di dadaPerhatikan tangan, jika menyilangkan di dada, Anda terlihat defensif dan tertutup, atau bahwa Anda mengabaikan apa yang mereka katakan. Buka lengan dan duduklah dengan posisi tangan alami.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA