Persiapan Memandikan Bayi Baru Lahir dari Suhu Air hingga Handuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bayi mandi. (Baby Centre)

Ilustrasi bayi mandi. (Baby Centre)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi ibu baru momen memandikan bayi bisa jadi tantangan tersendiri. Selain tubuh mungil bayi, juga ada kekhawatiran lain tentang kondisi kulit bayi dan bagaimana posisi terbaik. Belum lagi ketakutan, saat bayi menangis di dalam bak mandi. Ibu tak perlu khawatir, bila menyiapkan segala kebutuhan bayi saat mandi bisa mengurangi kerepotan di masa pembiasaan memandikan bayi.

Berikut ini sejumlah persiapan dan panduan memandikan bayi seperti dikutip dari laman PureWow.

1. Tentukan lokasi 

Tentukan lokasi memandikan bayi, sebaiknya di permukaan yang rata, tetapi di ruangan yang hangat. Kebanyakan ahli sepakat bahwa suhu ideal untuk kamar bayi adalah antara 68 dan 72 derajat Farenheit.

Anda bisa memanfaatkan wastafel dapur Anda dengan baskom isi air dan menggunakan meja lipat. Tetapi berhati-hati, bayi yang baru lahir dapat menggeliat keluar dari permukaan yang tinggi, sehingga Anda harus pertahankan satu tangan di tubuh bayi Anda selama proses berlangsung.

Bila tidak percaya diri dengan pilihan itu, gunakan bak mandi di permukaan rata. Siapkan alas atau selimut ekstra tebal di lantai untuk memudahkan Anda dan menciptakan kehangatan untuk bayi.

2. Pastikan suhu air di bak mandi

Isi bak mandi dengan air hangat yang bebas sabun. Perlu diingat bahwa kulit bayi baru lahir sangat sensitif, jadi pastikan benar-benar hangat. Untuk menguji suhu hangat yang tepat untuk bayi, lakukan dengan siku alih-alih tangan Anda. Jika tidak panas atau dingin, itu sudah di titik hangat yang tepat.

Bila Anda masih ragu untuk memperoleh suhu yang tepat, belilah termometer khusus bathtub untuk memastikan air tetap berada di bawah 37 derajat Celcius.

3. Jangkauan peralatan mandi

Anda perlu mengumpulkan beberapa barang kebutuhan memandikan bayi baru lahir dan memastikan semuanya berada dalam jangkauan lengan. Di antaranya handuk lembut, spons, dan popok. Sebaiknya siapkan dua handuk, yakni satu untuk mengeringkan bayi Anda, dan yang kedua jika Anda secara tidak sengaja merendam yang pertama.

4. Langkah memandikan bayi

Setelah Anda menanggalkan pakaian bayi baru lahir, tutupi ia dalam selimut untuk membuatnya hangat sebelum masuk ke dalam bak mandi. Mulailah dengan membasuh muka bayi Anda. Pastikan mengelap wajah secara menyeluruh dan tidak ada air masuk ke hidung, mata atau mulutnya.

Gunakan handuk untuk mengeringkannya dengan lembut. Sekarang Anda dapat mencuci leher, dada, dan lengannya. Lalu, lap dan keringkan. Setelah itu, baru Anda pindah ke alat kelamin, bagian bawah, dan kaki, sementara bagian atas ditutupi handuk agar tidak kedinginan.

Setelah itu, pastikan membasuh kering tubuh bayi, terutama pada lipatan kult. Sebab di bagian lipatan tersebut cenderung muncul ruam bila dibiarkan basah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."