4 Manfaat Buah Mengkudu yang Terbukti Secara Medis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Mengkudu berpotensi digunakan sebagai obat toksokariasis. dok. KOMUNIKA ONLINE

Mengkudu berpotensi digunakan sebagai obat toksokariasis. dok. KOMUNIKA ONLINE

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah mengkudu kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional di daerah Asia Tenggara, Tahiti, Hawai, Australia, dan India. Buah yang dikenal dengan nama noni ini dimanfaatkan buahnya, daun, kulit pohon dan akar dalam ramuan obat tradisional. 

Dalam budaya pengobatan tradisional, sari buah mengkudu dipercaya berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan (seperti konstipasi dan diare), infeksi kulit dan sariawan. Ramuan dari daun mengkudu juga dapat dibubuhkan di kulit untuk mempercepat penyembuhan luka. Sari buah mengkudu diketahui banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Khasiat antiperadangannya juga seringkali dielu-elukan oleh produsen obat herbal.

Kekurangan buah mengkudu adalah aroma dan rasanya yang tidak enak. Akibatnya, jarang ada orang yang sanggup memakan buah ini secara langsung. Mengkudu biasanya dijus dan dicampur dengan gula serta buah-buahan lain untuk menyamarkan aromanya serta membuat rasanya lebih enak.

Dalam 100 mili liter jus buah mengkudu, terkandung nutrisi-nutrisi sebagai berikut 47 kalori, 11 gram karbohidrat, protein kurang dari 1 gram, lemak kurang dari 1 gram, 8 gram gula, berbagai vitamin, seperti vitamin C, B7 (biotin), B6 (folat), dan E serta beragam mmineral, seperti magnesium, potasium, dan kalsium.

Sebetulnya masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Meski begitu, para ilmuwan menduga manfaat buah ini berasal dari kandungan antioksidannya. Berikut ini sederet manfaat buah mengkudu yang sudah diteliti secara medis:

1. Meningkatkan kemampuan sistem imunitas tubuh
Jus buah mengkudu mengandung banyak vitamin C. Dalam 100 ml jus buah mengkudu saja sudah menawarkan kira-kira 33 persen asupan harian vitamin C yang disarankan. Vitamin ini membantu kerja sistem imunitas tubuh dengan cara melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta racun-racun dari polutan di lingkungan sekitar. Antioksidan, seperti beta karoten, dalam buah mengkudu juga membantu dalam meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Berdasarkan sebuah riset, orang sehat yang mengonsumsi 330 mili liter jus buah mengkudu setiap hari dapat mengalami peningkatan aktivitas pada sel-sel imunnya dan penurunan stres oksidatif yang merusak sel. 

2. Mengurangi gejala infeksi dan inflamasi pada perokok berat
Berdasarkan sejumlah penelitian ilmiah, ada satu kelompok yang sangat merasakan manfaat buah mengkudu, yaitu para perokok. Pada kelompok perokok berat yang mengidap penyakit infeksi atau peradangan kronis, konsumsi sari buah mengkudu mampu mengurangi gejala penyakit yang dirasakan. Tetapi hal ini bukan berarti konsumsi buah mengkudu otomatis bisa mengatasi dampak kebiasaan meroko terhadap kesehatan. Merokok tetap buruk bagi tubuh Anda.

3. Berpotensi mengurangi rasa sakit akibat artritis
Sejak berabad-abad yang lalu, buah mengkudu sudah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional sebagai penghilang rasa sakit. Beberapa riset ilmiah masa kini nampaknya mendukung hal ini.  Pada suatu penelitian, sekelompok penderita artritis degeneratif pada tulang belakang diminta untuk meminum 15 mili liter jus buah mengkudu dua kali per hari selama sebulan. Hasilnya, mereka menyatakan bahwa rasa sakit akibat artritis berkurang secara signifikan. Bahkan sebanyak 60 persen partisipan mengaku rasa sakit pada leher mereka mereda. 

Manfaat buah mengkudu ini dirasakan pula oleh kelompok pengidap osteoartritis yang diberi 89 mili liter jus buah mengkudu setiap hari. Setelah 90 hari mereka mengakui ada penurunan tingkat rasa sakit dan frekuensi munculnya gejala osteoartritis. Rasa sakit yang dalami penderita artritis disebabkan oleh peradangan. Jus buah mengkudu diduga mampu mengatasi rasa sakit dengan cara meredakan inflamasi dan membasmi radikal bebas. 

4. Membantu dalam meningkatkan ketahanan beraktivitas fisik
Salah satu manfaat buah mengkudu bagi para penduduk di Kepulauan Pasifik adalah meningkatkan ketahanan fisik. Penduduk asli kepulauan Pasifik percaya bahwa mengonsumsi mengkudu mampu membantu dalam menjaga ketahanan fisik para nelayan saat melakukan pelayaran jauh. Hasil dari beberapa penelitian ilmiah ternyata mendukung kepercayaan tersebut.

Penelitian dilakukan terhadap para pelari jarak jauh yang mengonsumsi 100 mili liter jus buah mengkudu setiap hari selama tiga minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa ketahanan fisik mereka meningkat sebanyak 21 persen. Manfaat buah mengkudu bagi ketahanan fisik diduga berasal dari antioksidannya yang mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat kita berolahraga.

Manfaat buah mengkudu yang luar biasa di atas, tidak mustahil Anda menjadi ingin mengkonsumsinya. Namun sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya, apalagi bila Anda memiliki kondisi medis tertentu.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."