Sering Tergoda Membeli Produk Skincare di Instagram, Ini Tipsnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan Instagram. Pixabay.com

Ilustrasi wanita menggunakan Instagram. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Instagram telah benar-benar mengubah pengetahuan dan tren perawatan kulit. Sebuah industri yang dulu hanya ada di toko obat dan department store kini semakin dekat melalui media sosial. Hampir semua orang mulai dari Kim Kardashian hingga Alexandra Oscasio Cortez menunjukkan rutinitas perawatan kulit mereka melalui Instagram.

Jika Anda ingin menemukan merek baru, yang harus Anda lakukan adalah menggulir halaman pencarian Anda. Untuk mempelajari cara menggunakannya, cukup konsultasikan dengan blogger kecantikan favorit Anda. Untuk membelinya, Anda sekarang dapat melakukannya langsung di aplikasi. Instagram telah mengubah cara kami berinteraksi dengan perawatan kulit secara harfiah dalam setiap cara yang memungkinkan, dan merupakan bagian dari rutinitas banyak orang seperti halnya pengolesan produk yang sebenarnya.

Meskipun ada banyak hal positif dari kemudahan mencari produk perawatan kulit di Instagram, ada juga beberapa dampak negatifnya. “Media sosial adalah alat pemasaran yang kuat untuk merek kecil, dan itu sebenarnya cara banyak orang menerima berita mereka. Jadi masuk akal jika konsumen belajar tentang produk perawatan kulit melalui saluran media sosial mereka,” kata dermatologis Joshua Zeichner, seperti dilansir dari laman Well and Good. “Namun, penting bahwa suatu produk diformulasikan dengan baik dan benar-benar bermanfaat bagi kulit. Media sosial masih penuh asap dan cermin, dan umpan Instagram yang cantik tidak berarti bahwa produk akan tepat untuk kulit Anda. ”

Menjadi ramah Instagram tampaknya telah menjadi prasyarat bagi banyak merek dalam beberapa tahun terakhir, dengan kemasan yang cantik dan gimmick seperti scrub wajah yang berkilauan dan masker peel off menjadi hal biasa. Tetapi hanya karena suatu produk terlihat bagus dalam sebuah gambar tidak berarti bahwa produk itu benar-benar berfungsi. “Kemasan cantik di luar tidak ada hubungannya dengan kualitas produk di dalam. Di era media sosial, semua orang ingin mengambil apa yang terlihat dalam rak yang cantik,” kata Dr. Zeichner. "Tetapi pada akhirnya itu adalah produknya, bukan kemasannya, yang akan membantu kulit Anda."

Bagian terpenting dari teka-teki ini, kata dokter kulit, adalah tahu jenis kulit apa yang Anda miliki, apakah berminyak, rawan jerawat, kering, sensitif, dan sebagainya, serta mengetahui apakah itu cocok dengan produk yang diberikan. Meskipun Instagram adalah cara terbaik untuk menemukan merek dan inovasi menarik dalam kecantikan, Anda benar-benar hanya dapat menggunakannya sebagai langkah pertama. Kemudian, Anda harus melakukan riset sendiri untuk mengetahui apakah suatu produk akan bekerja untuk Anda dan kulit Anda.

Tentu saja, ketika Anda melihat seseorang dengan kulit tanpa cacat memberikan ulasan produk apa pun yang bercahaya, Anda tergoda untuk melakukannya. Namun menurut dokter kulit bersertifikat Ellen Marmur, tetapi seperti halnya katalog yang Anda buka, Anda tahu produk itu ada untuk dijual. “Ini promosi dagang. Jadi, Anda benar-benar harus menjadi konsumen yang lebih berpengetahuan,” ujarnya.

Selama beberapa tahun terakhir, Komisi Perdagangan Federal di Amerika Serikat telah menindak para influencer yang menjajakan produk di laman Instagram  mereka, dan sekarang mengharuskan mereka untuk menyertakan tagar #ad yang menandakan bahwa mereka dibayar untuk memposting atau dalam situasi apa pun. Namun demikian, dalam iklim di mana siapa pun bisa menjadi influencer, semakin sulit untuk mengawasi platform tersebut.

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan produk perawatan kulit yang direkomendasi beauty influencer cocok untuk Anda? Sebagai permulaan, lakukan riset. "Jika Anda menemukan merek yang menarik di media sosial, mundurlah dan lakukan pencarian Google untuk meneliti merek tersebut sebelum membeli produk," kata Dr. Ziechner. “Apakah ada sesuatu yang baru dan berbeda tentang produk itu sendiri? Apakah sepertinya sama dengan produk yang sudah Anda miliki sebelumnya? Apakah ada ulasan independen atau liputan media tentang produk? Ini semua pertanyaan untuk dipertimbangkan sebelum Anda melakukan pembelian.” Ingat, jangan percaya semua yang Anda lihat di Instagram.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."