8 Manfaat Baking Soda, Termasuk Menghilangkan Bau Sepatu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi baking soda. Babble.com

Ilustrasi baking soda. Babble.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBaking soda sudah familiar khasiatnya sebagai bahan pengembang kue. Dengan kandungan zat kimia berupa natrium bikarbonat yang bekerja menghasilkan gelembung-gelembung karbon dioksida untuk mengembangkan adonan kue. Namun, ada manfaat lain yang tak terduga saat menggunakan baking soda atau soda kue. Anda bisa memanfaatkannya untuk menjaga kebersihan mulut, mencegah bau keringat dan menghilangkan bau sepatu.

Berikut ini manfaat baking soda

1. Memutihkan gigi
Anda tidak percaya diri dengan gigi kuning? Maka cobalah mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air. Kemudian, sikat gigi Anda dengan campuran tersebut. Manfaat baking soda untuk memutihkan gigi, sudah dikenal banyak orang. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mencari pasta gigi yang mengandung baking soda dalam komposisinya. Sebab, beberapa penelitian telah menunjukkan, pasta gigi yang mengandung baking soda ampuh untuk memutihkan gigi.

2. Menjaga kebersihan mulut
Selain menyikat gigi untuk memutihkannya, banyak orang yang juga menggunakan baking soda sebagai bahan berkumur. Beberapa riset ilmiah pun membuktikan, berkumur dengan soda kue membantu menyegarkan mulut. Baking soda juga bersifat antibakteri dan antimikroba, yang baik untuk kesehatan mulut.

Tidak sulit untuk mendapatkan manfaat baking soda tersebut. Anda tinggal memasukkan setengah sendok teh baking soda ke dalam setengah gelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah seperti biasa.

3. Menghilangkan bau ketiak
Sebenarnya, keringat yang Anda keluarkan tidak berbau. Bau ketiak setelah berkeringat disebabkan oleh bakteri yang hidup di area lipatan kulit itu. Bakteri tersebut mengubah keringat menjadi produk limbah asam yang menimbulkan aroma tak sedap. Baking soda dapat membantu mengurangi bau ketiak, dengan membuat keringat menjadi lebih netral. Untuk mencegah bau ketiak, Anda bisa menepuk-nepukkan soda kue ke bagian ketiak Anda, seperti ketika menggunakan bedak.

4. Meringankan masalah pencernaan 
Manfaat baking soda lainnya yakni untuk meringkan sakit saat ada masalah di perut. Jika Anda merasa sakit perut cobalah untuk meminum segelas air putih, yang sudah ditaburi seperempat sendok teh baking soda. Dipercaya baking soda memang dapat membantu meredakan kondisi asam di perut. Namun, tentu tak semua masalah pencernaan disebabkan oleh kondisi asam. Jika masalah pada perut Anda tak kunjung hilang maksimal dua minggu, segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Mengatasi gigitan serangga
Banyak krim untuk mengatasi reaksi gigitan serangga, yang mengandung soda kue. Anda bisa mengoleskan krim tersebut untuk mengatasi kemerahan, gatal, dan sensasi menyengat pada kulit karena gigitan serangga yang sifatnya ringan. Caranya juga mudah, Anda cukup mencampurkan soda kue dengan air, dengan perbandingan 1:3 dan terapkan ke kulit yang terkena.Walau begitu, penting untuk diingat, untuk tidak menggunakan baking soda setiap hari, termasuk pada kulit.

6. Membersihkan dapur dan peralatan masak
Tak hanya membersihkan noda di gigi, soda kue juga memiliki manfaat dan kegunaan sebagai pembersih dapur. Selain itu, membersihkan area dapur menggunakan baking soda, dapat mengurangi bau tak sedap. Penggunaannya juga tak sukar. Anda cukup mencampurkan soda kue dengan sedikit air. Kemudian, gosok permukaan alat-alat di dapur menggunakan spons. Beberapa alat yang bisa dibersihkan dengan campuran ini yakni oven, microwave, cangkir, hingga ubin dapur.

7. Membersihkan sayur dan buah dari pestisida
Pestisida kerap disemprotkan pada buah dan sayuran, agar bahan makanan tersebut terhindar dari serangga, tikus, kuman, dan gulma. Namun memang efeknya juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Baking soda pun bermanfaat membersihkan pestisida tersebut, tanpa harus mengurangi gizi dari kulit buah. Anda bisa merendam buah ke larutan baking soda, selama 12-15 menit.

8. Menghilangkan bau sepatu
Sepatu Anda mengeluarkan bau menyengat? Soda kue dapat menjadi solusinya. Anda bisa menuangkan soda kue ke dua potongan kain tipis, masing-masing dua sendok makan. Kemudian, ikat potongan kain menggunakan karet gelang atau tali, dan letakkan masing-masing di kedua sepatu Anda. Pindahkan kantong yang berisi soda kue tersebut, saat hendak mengenakan sepatu.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan manfaat baking soda

Sederet manfaat baking soda di atas tentu menakjubkan. Walau begitu, Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakannya. Misalnya, Anda tidak boleh berkumur atau menyikat gigi dengan soda kue setiap hari. Sebab, soda kue dapat mengikis email gigi.

Anda juga tidak boleh sering meminum air yang mengandung soda kue. Sebab, terlalu banyak natrium dapat menyebabkan muntah, kondisi diare, kejang, bahkan gagal ginjal. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter, apabila mengalami kondisi tersebut setelah menggunakan soda kue.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."