Cerita MUA Ryan Ogilvy yang Lebih Berani di New York Fashion Week

Ryan Ogilvy saat merias model untuk fashion show Rebecca Minkoff Spring/Summer 2020 di New York Fashion Week 2020. (Instagram@ryanogilvy)

ragam

Cerita MUA Ryan Ogilvy yang Lebih Berani di New York Fashion Week

Senin, 23 September 2019 13:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti yang pernah dijanjikan di awal pembahasan New York Fashion Week, kami pernah menyebut nama makeup artist Ryan Ogilvy yang turut serta dengan kemampuan meriasnya di pekan mode bergengsi di kota Big Apple tersebut. Empat hari setelah kepulangannya di Indonesia, Ryan pun bersemangat membagikan pengalaman dan persiapannya yang telah empat kali mengikuti New York Fashion Week sejak tahun 2016.

“Suasana dan keriuhan backstage masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Cuma yang membedakan perasaan aku aja. Di tahun ini aku berjanji untuk lebih berani, enggak ada takut-takutnya. Aku mau hadapi ini sebagai challenge yang aku bisa,” ungkap Ryan saat dihubungi Cantika pada Senin 22 September 2019.

Hasil riasan Ryan Ogilvy untuk fashion show Jason Wu Spring/Summer 2020 di New York Fashion Week 2020. (Instagram@ryanogilvy)

Ia sempat mengakui pernah merasakan tidak percaya diri di tahun pertama ikut New York Fashion Week. “Dulu sempat merasa itu kali pertama dan terakhir aku ikut New York Fashion Week. Merasa belum sehebat yang lain. Tapi, aku ingatkan lagi diriku bahwa aku sampai di sini karena dipilih oleh mereka. Kalau mereka aja percaya sama hasil kerja aku, kenapa aku tidak,” kenangnya.

Bagi Anda yang belum pernah mencicipi suasana di belakang panggung pekan mode di New York, Ryan pun menggambarkan sekilas untuk Anda. “Tempat show-nya di lokasi yang berbeda-beda, kalau di Jakarta kan satu tempat Di belakang panggung itu hectic banget. Waktu makeup-nya ketat. Berlomba sama waktu di tengah keramaian backstage. Yang terlibat banyak banget. Mulai dari desainer, model, makeup director, pengarah panggung makeup artist, hairstylist, nail art, fotografer hingga sesi wawancara,” ucapnya.

Ryan Ogilvy saat merias model Manuela Tatjana Frey untuk fashion show Naeem Khan Spring/Summer 2020 di New York Fashion Week 2020. (Instagram@ryanogilvy)

Untuk mengakali keriuhan tersebut, Ryan membiasakan datang lebih awal dari standby call. “Aku selalu datang lebih awal dari waktu calling-an biar ngetek tempat duluan. Area untuk makeup artist sudah disediakan, tapi rebutan untuk mendapatkan meja makeup artist. Kalau telat bisa enggak dapat meja,” ungkapnya.

Ia lebih lanjut menjabarkan, “Misalnya fashion show mulai jam 6 sore. Berarti kita standby call jam 3. Aku sudah siap-siap di meja. Mulai makeup jam setengah 4. Nanti pas makeup bakal dijeda karena para model mo line up dan gladi resik terakhir. Paling satu model makeup-nya 15-20 menit atau paling lama setengah jam. Aku bisa dapat dua model, itu udah lumayan.”

Panduan makeup Ryan Ogilvy saat merias model di fashion show Jason Wu Spring/Summer 2020 di New York Fashion Week 2020. (Instagram@ryanogilvy)

Di tahun ini, Ryan bergabung sebagai tim makeup artist di empat fashion show, yaitu Rebecca Minkoff, Jason Wu, Staud, dan Naeem Khan. Menurut Ryan, keempat rumah mode itu memiliki tantangan dan keseruan makeup yang sama.

Dari sisi internal sebenarnya Ryan Ogilvy punya masalah dengan jetlag.  “Aku datang lebih awal dua atau tiga hari sebelum fashion show supaya tidak terlalu jetlag. Ternyata di backstage aja pas siang jam 2 waktu New York, di Jakarta kan jam 1 malam, aku udah ngantuk banget. Teman-teman di backstage yang dari negara lain sangat membantu karena aku yang paling jauh dari Indonesia. Mereka kasih aku minyak yang bikin seger, dibuatin teh, lemon grass. Mereka sangat helpful, bahkan ada yang sampai pijitin aku,” tandasnya.