4 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Menangkis Datangnya Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu masalah klasik yang selalu menghampiri wajah ialah jerawat. Tua atau muda pasti pernah sekali dalam hidupnya menjalani kondisi kulit berjerawat. Selain menganggu penampilan dan menurunkan percaya diri, jerawat juga masalah kesehatan yang lebih besar, yaitu menimbulkan jaringan parut permanen hingga Anda menua. Tentunya penanganan jerawat sesuai kondisi kulit saat itu setelah berkonsultasi dengan spesialis kulit. Janganlah Anda menghabiskan waktu mencoba-coba produk anti jerawat yang direkomendasikan sejawat yang belum tentu sama jenis dan masalah kulitnya.

Jauh sebelum pengobatan atau kuratif, kita sebenarnya bisa mencegah munculnya jerawat. Langkahnya pun simpel yang sudah menjadi rutinitas harian. Tak bosan-bosan, kita saling mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan hal-hal yang bersentuhan dengan wajah hingga pemakaian produk.

Berikut ini sejumlah langkah pencegahan munculnya jerawat yang dibagikan di laman Pink Villa.

1. Cuci wajah

Cuci wajah Anda dua kali sehari, sekali ketika Anda bangun dan sekali lagi saat akan tidur. Jangan mencuci wajah lebih dari dua kali sehari. Jika wajah Anda terasa lengket dan kotor karena polusi, cukup cuci dengan air putih dan bersihkan wajah. Anda juga dapat menggunakan susu pembersih untuk melakukan hal yang sama.

2. Pastikan rambut dalam kondisi bersih

Apakah Anda suka merawat rambut dengan minyak atau cairan lainnya? Bila iya, saat pemakaiannya jauhkan dari wajah untuk memastikan minyak tidak menggosok di kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat, cobalah untuk menjaga rambut Anda tetap bersih. Cucilah rambut secara rutin untuk menghindari kotoran dan minyak berlebih di kulit wajah Anda.

3. Hidrasi

Jerawat adalah akibat dari racun dan jika Anda tidak minum cukup cairan dan melembapkan tubuh serta kulit Anda, maka jerawat salah satu hasilnya. Menghidrasi atau tubuh dalam kondisi cukup cairan juga membantu menghilangkan racun sekaligus menjaga kulit Anda tetap bersih dan sehat.

4. Makeup

Produk makeup yang Anda gunakan turut memengaruhi cara kulit Anda berperilaku. Usahakan menggunakan produk yang lembut dan tidak mengandung terlalu berminyak. Hindari menggunakan terlalu banyak produk scrub. Tidak boleh lupakan pemakaian tabir surya bebas minyak dan pilih produk makeup yang tepat sesuai jenis kulit Anda. Perhatikan berapa banyak produk yang Anda gunakan, sebab di antara kita cenderung melembapkan terlalu berlebihan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."