Tips Memilih Lipstik Matte yang Cocok dengan Warna Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lipstik. express.co.uk

Ilustrasi lipstik. express.co.uk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat perempuan menggunakan makeup, belum sempurna bila tidak memoles bibirnya dengan lipstik. Saat ini, lipstik hadir dengan berbagai formula baru, salah satunya matte. Jenis lipstik ini banyak digandrungi perempuan karena pigmentasinya yang tinggi dan bertahan lebih lama ketimbang lipstik.

Namun, saat ini berbagai merek dagang kecantikan tak henti-hentinya berlomba mengeluarkan berbagai variasi warna lipstik matte. Sebagian perempuan juga masih bingung saat harus menentukan pilihan warna lipstik matte yang sesuai untuk dirinya.

Senior Produk Manager L'Oreal Paris Indonesia Chaerun Nisa Putri atau yang disapa Ninis itu mengungkapkan pentingnya mengetahui warna undertone kulit Anda saat memilih warna lipstik. "Memilih warna lipstik sebenarnya kamu mengerti dulu nih apa warna undertone kulit kamu. Undertone itu kan gampang banget, hanya dibagi tiga yaitu cool, warm, dan netral," tukas Ninis saat ditemui dalam acara peluncuran seri lipstik terbaru Rouge Signature L'Oreal Paris Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Chaerun Nisa Putri menambahkan untuk pemilik warm undertone bisa menggunakan lipstik dengan base warna biru. “Kalau cool undertone, itu biasanya lebih cocok pakai warna lipstik yang ada pink based atau nude based," ungkap Ninis. "Kalau kulit Anda lebih ke netral undertone, kamu bisa pilih warna lipstik yang orange based.”

Ilustrasi lipstik cair. bustle.com

Cara menentukan undertone itu sebenarnya mudah, dapat dilihat dari urat nadi di tangan. Seperti dilansir dari laman Brightside, cool undertone biasanya memiliki nadi berwarna biru atau ungu. Sedangkan warm undertone biasanya memiliki urat nadi berwarna hijau. Jika tidak bisa membedakan warna urat nadi apakah biru atau hijau termasuk netral undertone.

Kalau sudah menemukan warna yang cocok sesuai dengan skin tone dan undertone kulit, hal terakhir yang harus diperhatikan adalah saat mengaplikasikan lipstik matte. Beauty vlogger Fatya Biya memberikan beberapa tips dan trik agar lipstik matte pilihan tidak terkesan kering dan justru mempertegas garis-garis bibir.

"Dari dulu banyak banget yang nanya gimana pakai lipstik matte supaya tidak kering dan nggak garis-garis. Trik aku, pertama pake lip balm dulu. Biasanya aku pake lip balm sebelum makeup. Pake lip balm sedikit tebal, terus makeup biasa," tutur Fatya. "Pas mau pake lipstik, di-lap lip balm-nya, baru dipakai lipstiknya. Cobain, pasti beda deh.”

Selain lip balm, hal lain yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tekstur bibir yang bagus saat memakai lipstik matte adalah rajin melakukan scrub bibir. "Scrub bibir itu berpengaruh. Seminggu sekali harus scrub bibir supaya kulit-kulit matinya tereksfoliasi," tutupnya.

GALUH PUTRI RIYANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."