8 Ide Membuat Dapur Kesayangan Terlihat Lebih Unik

Ilustrasi dapur dengan prediksi warna 2021, Brave Ground, oleh Dulux Colour/Akzonobel

ragam

8 Ide Membuat Dapur Kesayangan Terlihat Lebih Unik

Senin, 22 Juli 2019 17:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Aspek penting yang harus dimiliki dapur adalah fungsionalitas. Dapur yang fungsional akan membuat proses mengolah makanan menjadi lebih mudah dan nyaman. Namun, ada satu hal lagi yang sebaiknya tidak Anda lupakan.

Selain fungsional, dapur juga memiliki karakter yang menggambarkan kepribadian Anda sebagai pemilik rumah. Berikut ini beberapa ide untuk menghadirkan ciri khas dapur sehingga terlihat berbeda, dari Arsitag.

#1. Sumber pencahayaan yang unik

Saat ini dapur telah bergeser menjadi ruang multifungsi. Dapur menjadi tempat untuk memasak, tempat berkumpul keluarga, hingga tempat untuk menjamu teman dan kerabat yang berkunjung. Untuk itu, jangan terpaku pada model lampu yang biasa-biasa saja. Pilih lampu dengan model, desain, dan bentuk yang beda dari yang lain. Pilihlah lampu yang terlihat menarik hingga memancing senyum saat melihatnya, tanpa melupakan fungsi utamanya sebagai sumber pencahayaan.

#2. Berikan Sentuhan Batu Alam yang Cantik dan Elegan

Penggunaan batu-batu alam seperti granit dan marmer merupakan salah satu cara untuk menghadirkan ciri khas dapur yang cantik dan elegan. Anda dapat menggunakan batu alam sebagai countertop, backsplash, atau bisa juga pada lantai dapur.

#3. Gantung karya seni favorit Anda

Dapur merupakan area yang didominasi berbagai peralatan memasak, sehingga dianggap bukan tempat yang tepat untuk memajang karya seni. Namun, Anda justru dapat memanfaatkan ide ini sebagai cara untuk menghadirkan ciri khas dapur yang unik. Anda bisa memajang lukisan, poster-poster favorit, foto keluarga, ukiran, atau apapun karya seni yang Anda miliki.

#4. Hadirkan warna-warna cerah dalam dapur

Hadirkan ciri khas dapur yang sesuai dengan kepribadian Anda dengan cara memberinya berbagai sentuhan warna. Jika dapur pada umumnya didesain dengan warna netral, penambahan warna-warna cerah akan membuat dapur Anda tampil beda dari yang lain. Anda bisa menambahkan warna dengan mengecat dinding dapur menggunakan warna favorit atau warna yang sedang tren. Selain itu, Anda bisa mengganti warna cat lemari dan rak dapur, atau menggunakan furnitur dengan warna kontras.

#5. Wallpaper di Dinding Dapur

Pemasangan wallpaper di dinding dapur akan memperkuat karakter ruangan. Saat ini pilihan wallpaper sangatlah beragam sehingga Anda dapat dengan bebas memilih motif dan warna yang sesuai dengan desain dapur itu sendiri mulai dari desain kontemporer, bohemian, klasik, hingga vintage.

#6. Sentuhan alam berupa tanaman hijau

Bila Anda suka berkebun, mengapa tidak membawa masuk hobi Anda ke dalam dapur? Tambahkan beberapa pot tanaman hijau di sudut atau di atas meja dapur.  Jenis tanaman dapat disesuaikan dengan area penempatan. Sebagai contoh, untuk sudut dapur, tempatkan tanaman berdaun besar. Sementara di atas meja dapur Anda bisa menempatkan aneka ragam sukulen yang biasa hidup dalam ruangan.

#7. Backsplash yang berani

Berikan ciri khas dapur dengan memasang backsplash yang benar-benar beda baik dalam warna, pola, desain, ataupun material. Dalam sebuah dapur netral, penggunaan backsplash yang berani seperti ini akan menjadi pusat perhatian bagi siapa saja yang masuk ke dalam dapur.

#8. Desain rak dan lemari yang super unik

Desain rak dan lemari dapur yang ada saat ini telah sangat jauh berkembang. Berbagai desain hadir untuk memenuhi selera setiap orang. Untuk menghadirkan ciri khas dapur di rumah Anda, mengapa tidak memasang rak dan lemari dapur yang beda dari yang lain? Dijamin, dapur Anda akan memiliki tampilan yang tidak dimiliki oleh dapur lainnya.

ARSITAG