8 Model Rak Dapur Terbuka untuk Mempercantik Dapur Mungil Anda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi dapur kecil. shutterstock.com

Ilustrasi dapur kecil. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dapur memang memerlukan banyak ruang penyimpanan untuk peralatan memasak, bumbu-bumbu, bahan makanan, hingga peralatan makan. Penggunaan rak kerap kali menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan ruang penyimpanan yang mudah diakses dan muat banyak.

Nah, apabila Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang praktis dan hemat biaya, model rak dapur terbuka bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih lagi, jika dapur Anda berukuran mungil. Tak hanya itu saja, model rak terbuka juga bisa menjadi aksen yang akan membuat dapur minimalis Anda terlihat lebih menarik.

Berikut ini beberapa ide desain rak dapur terbuka agar tetap terlihat cantik.

1. Rak Dapur Terbuka Gaya Industrial

Penggunaan material besi merupakan elemen yang paling menonjol di dapur bergaya industrial. Jika Anda ingin memberi sentuhan gaya industrial pada dapur, cobalah untuk memasang rak bulit-in menggunakan bahan pipa besi. Pipa-pipa besi dirangkai sedemikian rupa kemudian dipasang di dinding untuk menopang papan-papan rak. Anda bisa memilih material kayu maupun kaca sebagai ambalan. Rak dapur terbuka dari pipa-pipa besi ini akan menjadi aksen yang mencuri perhatian di dapur Anda!

2. Desain Rak Dapur Terbuka yang Klasik dan Anggun

Rak dapur terbuka juga bisa diberi sentuhan klasik dan anggun yang akan membuat tampilan dapur menjadi semakin cantik. Sentuhan klasik dan anggun melalui penggunaan penyangga rak dengan desain lengkung dan ukir. Anda bisa menggunakan material besi atau kayu. Lalu, padukan dengan ambalan rak berwarna putih yang kontras dengan warna penyangga. Rak dapur terbuka dengan sentuhan klasik dan anggun ini sangat cocok untuk menyimpan koleksi antik peralatan dapur Anda.

3. Kombinasi Rak Dapur Tertutup dan Terbuka

Rak penyimpanan dapur terdiri dari dua model, yakni model rak tertutup dan terbuka. Dalam penggunaannya, Anda tak harus terpaku pada salah satu model saja. Memadukan kedua model rak dapur tersebut bisa menjadi cara kreatif untuk membuat dapur mungil lebih efisien dan cantik. Misalnya saja, model rak tertutup bisa Anda pasang di bagian bawah kitchen sink. Sementara model rak dapur terbuka sebagai penyimpanan di bagian atas kitchen sink.

4. Rak Dapur Berbentuk Lemari Terbuka

Jika umumnya rak dapur dibuat menempel ke dinding, maka hal tersebut tidak berlaku untuk ide desain rak dapur ini. Rak dapur ini lebih mirip lemari yang dibiarkan terbuka pada setiap sisinya dan tidak dipasang pada dinding. Desain rak penyimpanan ini terbilang menarik karena bersifat fleksibel. Sehingga dapat dipindah-pindah ke sisi dapur lainnya saat Anda ingin mengubah suasana dapur. Selain itu, desain rak ini terbilang praktis dan mampu menyimpan banyak barang. Tertarik untuk mengadopsi ide desain ini?

5. Rak Dapur dengan Material Kaca

Kesan mewah terpancar jelas dari material-material yang digunakan untuk rak dapur terbuka ini. Penopang rak dapur dibuat dari bahan besi yang diberi lapisan berwarna keemasan. Sedangkan ambalan rak memakai material kaca bening yang tebal. Rak dengan material kaca membuat dapur tampak luas dan bersih. Anda dapat meniru ide ini untuk menciptakan suasana dapur yang elegan dan modern.

6. Rak Dapur Gantung

Menyiasati ruang penyimpanan di dapur mungil memang menjadi tantangan tersendiri. Untuk efisensi ruang, model rak dapur terbuka yang digantung bisa menjadi ide penyimpanan yang unik. Rak dipasang menggantung pada langit-langit. Anda bisa menempatkannya di atas wastafel. Rak pun memiliki manfaat lain sebagai pembatas dapur dengan ruangan lainnya. Tidak ada lagi alasan kehabisan ruang, bukan?

7. Rak Dapur Serba Putih

Penggunaan warna putih masih menjadi pilihan favorit untuk menciptakan kesan luas pada dapur mungil. Warna putih bisa Anda aplikasikan pada seluruh bagain dapur, mulai dari dinding, kabinet, hingga rak dapur. Pada inspirasi ini, rak dapur warna putih dibuat memanjang pada satu sisi dapur dan dibuat bertingkat. Model rak dapur terbuka yang panjang ini membuat penyimpanan lebih efisien. Selain itu, dapur pun tampil lebih rapi dan luas.

8. Desain Rak Dapur Terbuka di Seluruh Dinding Dapur

Desain rak yang satu ini cocok bagi Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan yang sangat banyak. Rak-rak terbuka dibuat seperti lemari tanpa penutup dan memenuhi semua sisi dinding dapur. Dengan jumlah rak yang banyak, barang-barang yang disimpan dapat dikelompokkan berdasarkan kategori. Pengelompokan ini tak hanya membuat dapur tampak rapi, tetapi juga memudahkan menemukan barang-barang yang dibutuhkan.

Rak dapur model terbuka memang lebih memudahkan dalam mengakses barang-barang yang dibutuhkan. Namun, desainnya menuntut kita selalu rapi ketika meletakkan barang. Jika tidak teratur sedikit, maka dapur Anda akan terlihat berantakan. Sebaiknya Anda menaruh barang yang jarang digunakan pada lemari tertutup untuk menghindari tumpukan barang terlihat berantakan. Menyimpan barang sesuai kategori juga dapat menjadi solusi agar barang tetap tertata rapi di atas rak.   

ARSITAG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."