Alasan Beli Berlian dari Koleksi sampai Hadiah Diri Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Frank & Co Keluarkan Koleksi Liontin Lovelight jelang Hari Valentine/Facebook

Frank & Co Keluarkan Koleksi Liontin Lovelight jelang Hari Valentine/Facebook

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam alasan yang mendorong perempuan membeli perhiasan, termasuk berlian. Selain kemilau berlian yang tak bisa digantikan batu berharga lainnya, ada makna spesial pula yang memikat orang saat membeli berlian, bahkan mengoleksinya. 

Menurut PR Manager PT Central Mega Kencana, Nickoline Retna, berlian saat ini diartikan sebagai lambang cinta abadi. "Berlian dibeli sebagai hadiah cinta, baik untuk pasangan, orang tua, anak, teman dan lain-lain," ucap Nickoline dalam keterangan pers yang diterima Tempo.co beberapa waktu lalu.

Nickoline bercerita bahwa pasti ada kisah tersendiri di setiap pembelian sebuah perhiasan berlian. "Misalnya pertunangan, pernikahan," ucapnya.

Selain untuk hadiah orang lain, tidak jarang berlian sering dijadikan sebagai hadiah untuk diri sendiri. "Hadiah untuk diri sendiri karena telah mencapai sesuatu misalnya promosi jabatan," katanya.

Adapula alasan membeli berlian karena senang mengoleksinya. Variasi bentuk dan warna yang dikoleksi agar dicocokkan untuk segala penampilan. Koleksi ini juga salah satu menunjukkan seberapa prestisius citra diri. Di sisi lain, ada pula yang mengoleksi berlian sebagai instrumen investasi.

PT Central Mega Kencana, peritel perhiasan di Indonesia merupakan juara tunggal kategori Toko Berlian pada malam penganugerahan Top Brand Award 2019. The Palace National Jeweler, Frank & co., dan Mondial Jeweler secara berurutan menempati posisi pertama hingga ketiga sebagai merek paling dikenal dan paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia.

COO PT CMK Petronella Soan mengatakan prestasi timnya itu menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia telah menerima dan menjadikan jaringan toko ritel berlian, seperti PT CMK, sebagai salah satu pilihan utama untuk mendapatkan berlian terbaik sesuai kebutuhan masing-masing orang. "Apresiasi ini akan kami bawa sebagai motivasi untuk terus mendekatkan toko-toko kami kepada pelanggan di berbagai daerah," kata Petronella.

Menurut Petronella, kondisi masyarakat saat ini berbeda dengan 20 tahun lalu, ketika PT CMK merintis usaha mereka. Saat itu, kebanyakan orang membeli perhiasan di toko yang terpercaya selama turun-temurun. "Keberadaan 70 gerai PT CMK di 18 kota berhasil menumbuhkan rasa percaya yang sama terhadap toko ritel berlian seperti kepercayaan itu diberikan kepada toko berlian tradisional," kata Petronella.

Pemimpin redaksi Majalah Marketing Anang Ghozali mengatakan segmen perhiasan berlian merupakan sebuah pasar yang niche. Ia pun menilai bahwa pencapaian PT CMK pada Top Brand Award 2019 termasuk istimewa. "Dibutuhkan sebuah pendekatan yang seimbang di antara strategi pengembangan produk, pelayanan pelanggan, pemasaran, dan ekspansi bisnis agar sebuah merek dapat menjadi yang terdepan di benak masyarakat," kata Anang.

MITRA TARIGAN | SILVY RIANA PUTRI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."