Ibu Menyusui Ketahui 9 Ciri Bayi Cukup ASI

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi ibu menyusui, kadang timbul pertanyaan di kepalanya apakah Air Susu Ibu (ASI) yang diberikannya sudah mencukupi gizi dan kebutuhan harian bayi. Terkadang ada beberapa ibu yang memberi susu formula tambahan untuk sekadar meyakinkan dirinya. Namun sebenarnya ada sejumlah tanda yang bisa dibaca ibu yang menunjukkan bayi sudah cukup ASI. Yang perlu diingat bagi ibu menyusui, ASI merupakan satu-satunya makanan terbaik bagi bayi berusia kurang dari enam bulan.

Mari kita mengulik bersama sejumlah tanda bayi cukup ASI yang dapat ibu perhatikan.

1. Payudara terasa lembut setelah menyusui

Hal ini terjadi karena bayi telah mengosongkan ASI di payudara dengan sempurna sehingga payudara tidak lagi keras.

2. Bayi tampak tenang dan kenyang setelah menyusui

Ketika bayi mendapat cukup ASI, maka bayi tidak akan rewel kecuali jika terdapat masalah lain seperti sakit perut, ruam popok, dan lainnya.

3. Berat badan bayi bertambah

Berat bayi ketika lahir biasanya sedikit menurun di awal-awal kelahiran. Namun jika mendapat cukup ASI, maka berat badan bayi akan bertambah saat bayi berusia sekitar 2 minggu.

4. Bayi sering menyusu

Bayi yang sering menyusu secara teratur kira-kira sebanyak 8-12 kali sehari, dan dapat menghisap payudara dengan benar, tentu akan mendapat ASI yang cukup.

5. Bayi ceria dan aktif ketika bangun tidur

Jika bayi mendapat cukup ASI terutama sebelum tidur, ia akan lebih aktif dan ceria ketika bangun. Hal ini tentu bagus untuk perkembangannya.

6. ASI ditelan dengan baik

Ketika bibir bayi menempel ke puting payudara untuk menyusu, maka ia akan mengisap dengan cepat. Namun, jika gerakannya melambat dan tarikannya terasa lebih dalam, maka ia sedang menelan ASI. Selain itu, Anda juga dapat melihat dagunya turun ke bawah dan terdengar suara menelan. Bayi yang menelan ASI dengan baik tentu akan mendapat cukup ASI.

7. Bayi buang air kecil 6-8 kali per hari

Ketika bayi mendapatkan kolostrum, maka ia hanya buang air kecil 1-2 kali dalam 24 jam pertama kehidupannya. Namun, setelah bayi mendapat cukup ASI secara teratur atau setelah usianya 5 hari, maka intensitas buang air kecilnya bertambah menjadi 6-8 kali per hari. 

8. Warna feses kuning

Warna feses juga penting sebagai tanda bayi mendapat cukup ASI. Ketika buang air besar pertama, biasanya feses berwarna hitam dan lengket. Namun setelah mendapat ASI, feses akan berwarna hijau dan berubah menjadi kuning dengan sedikit berair karena cairan ASI. Pastikan juga bayi buang air besar minimal satu kali sehari.

9. Urine berwarna jernih

Urine yang berwarna jernih dapat menandakan bayi cukup mendapat ASI. Sebab jika bayi tidak mendapat cukup ASI, maka urinenya akan berwarna lebih gelap karena dehidrasi.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."