Seberapa Kuat Rambut Anda? Buktikan dengan 2 Tes Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tampilan rambut yang indah beragam definisinya di mata para perempuan. Mulai dari pewarnaan rambut terkini, potongan rambut yang paling modis, styling rambut terbaru hingga pemakaian aksesori rambut. Tapi di atas itu semua, keindahan rambut yang sebenarnya adalah rambut kuat. Sebab itu merupakan pondasi untuk beragam penataan rambut dari luar tubuh.

“Memiliki rambut yang kuat adalah pondasi penting, yang akan mendukung gaya, pewarnaan, dan kesehatan rambut Anda secara keseluruhan,” jelas John O'Brien, spesialis pewarnaan rambut di Antonio Prieto Salon di laman Well and Good. Rambut kuat tercipta dari keseimbangan protein dan kadar air di dalam rambut. Keseimbangan ini bisa terganggu saat pemakaian hawa panas yang dihasilkan alat penataan rambut ataupun pewarnaan rambut. Dampak yang terlihat secara kasat mata adalah rambut mudah rontok dan patah serta sedikit lepek.

Untuk membuktikan seberapa kuat rambut Anda, coba lakukan dua tes berikut yang dilansir dari laman Well and Good.

1. Tes kerapuhan

Mulailah dengan memegang ujung rambut dalam kondisi kering kemudian ditarik. Lalu, gunakan jari-jari di tangan Anda yang lain untuk menyikat lembut rambut kembali ke bawah menuju kulit kepala Anda, dan perhatikan berapa helai rambut pendek yang menonjol. “Umumnya sekitar 10 persen potongan pendek — lebih dari itu dapat menunjukkan tingkat kerapuhan sedang atau parah pada rambut Anda,” kata O'Brien.

2. Tes elastisitas

"Elastisitas hanyalah kemampuan rambut untuk diregangkan, lalu kembali ke panjang aslinya," jelas O'Brien. Jika rambut Anda sehat, cirinya harus bisa memantul dengan mudah saat Anda menariknya. Jika tidak, mungkin akan patah. Untuk menguji elastisitasnya, bungkus rambut seukuran pita dengan handuk dalam kondisi lembap, kemudian gunakan dua jari Anda untuk menarik lembut rambut ke bawah.

Perhatikan seberapa banyak rambut yang meregang dan apakah panjang rambut tetap sama. "Jika rambut Anda cepat kembali seperti semula, itu pertanda kuat. Jika rambut sedikit merenggang atau bahkan putus, itu indikasi Anda perlu meningkatkan kadar protein dan kelembapan rambut agar tetap kuat dan elastis, ”jelas O'Brien. Untuk memaksimalkan kekuatan rambut Anda dari dalam dan luar, O’Brien menyarankan diet kaya protein dan perawatan rambut berbasis protein serta kelembapan tinggi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."