Meja Kayu di Rumah Banyak Goresan, Atasi dengan 7 Bahan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi meja kayu. Foto: Pixabay.com/Thought Catalog

Ilustrasi meja kayu. Foto: Pixabay.com/Thought Catalog

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam jenis furnitur kayu kerap mengisi setiap sudut di rumah. Dalam bentuk meja, kursi, meja, rak, hingga lemari. Di antara furnitur kayu tersebut, meja kayu yang paling sering bersentuhan dalam aktivitas harian. Mulai dari tempat menaruh makanan, meletakkan gelas kopi hingga area menaruh toples dan wadah makanan lainnya. Salah satu risiko memiliki meja kayu timbul baret atau goresan saat bergesekan dengan benda lain.

Untuk memperbaiki atau menyamarkan goresan dan baret meja kayu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah dikutip dari laman The Kitchn.

1. Yodium

Jika meja kayu Anda berwarna gelap, ambil yodium, solusi antiseptik yang dapat Anda temukan di sebagian besar apotek. Ambil cotton bud dan oleskan beberapa tetes yodium ke dalam goresan, lalu bersihkan kelebihan tetesan sehingga tidak menodai kayu di sekitarnya. Gosokkan searah dengan goresan.

2. Kantong teh bekas

Kantong teh bekas bisa digunakan untuk mewarnai noda. Jangan biarkan (atau air apa pun) didiamkan terlalu lama di meja, karena air dapat meresap ke dalam goresan dan menyebabkan lebih banyak noda atau, lebih buruk lagi bisa merapuhkan kayu. Gosokkan kantong teh pada goresan, lalu keringkan dengan handuk lembut.

3. Kopi instan

Satu lagi trik untuk menyamarkan goresan pada kayu. Anda bisa manfaatkan kopi instan, seduh kopi dan sedikit air hangat, lalu tutupi bagian yang tergores. Buang ampas kopi yang berlebihan dari permukaan meja kayu dan keringkan dengan handuk.

4. Jus lemon

Goresan pada meja kayu juga bisa diatasi dengan campuran jus lemon dan minyak zaitun. Caranya cukup menggosokkan campuran dengan kapas dengan gerakan searah pada goresan.

5. Semir sepatu

Semir sepatu juga bisa menyamarkan goresan pada meja kayu. Cukup gunakan kapas untuk mengisi goresan dengan warna semir sepatu yang mendekati meja kayu.

6. Cuka dan minyak

Anda dapat mencampur 1/2 cangkir cuka (sari apel atau putih tampaknya paling baik) dengan 1/2 cangkir minyak goreng untuk memoles goresan dan retakan kayu. Celupkan kain microfiber ke dalam larutan, lalu gosok dengan kuat pada permukaan kayu sampai goresan hilang. Minyak akan mengembang dan mengisi ruang kosong di goresan, sementara cuka akan menghapus noda kayu dengan lembut.

7. Selai kacang

Tak hanya enak sebagai teman makan roti, selai kacang juga berkhasiat untuk mengakali goresan pada meja kayu. Gosokkan sedikit selai kacang, lalu diamkan selama satu jam, setelah itu bersihkan dengan lap basah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."