Resep Udon Goreng Kari Thailand

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi resep Udon Goreng Kari Thailand. (I Am Food Blog)

Ilustrasi resep Udon Goreng Kari Thailand. (I Am Food Blog)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kuliner serba mie udon identik dengan makanan khas negeri Matahari Terbit, Jepang. Saat menyantap udon, citarasa lidah kita selalu dimanjakan dengan kedalaman rasa sup yang berasal dari rempah dan kaldu yang direndam berjam-jam bahkan satu hari lamanya. Ukuran mie yang lebih besar dan tebal dibandingkan mie spagheti membuat makanan ini punya sensasi tersendiri. Belum lagi berbagai pugasan seperti daging, jamur, rumput laut hingga kue ikan di atas mie.

Namun, udon juga bisa dikreasikan tanpa kuah sup. Cobalah memasak resep Udon Kari Thailand ini seperti dikutip dari laman I Am Food Blog. Udon goreng ini memberikan sensasi rempah, segar sekaligus renyah dalam satu mangkuk. 

Bahan-bahan:

  •  2 bungkus udon, bisa ditemukan di lemari pendingin swalayan makanan atau jajanan Asia.
  • 1-2 sendok makan (sdm) pasta kari merah Thailand tergantung tingkat bumbu.
  • 2 sdm santan atau kaldu ayam.
  • 2 sendok teh (sdt) gula merah.
  • 1 sdm minyak.
  • 1/2 kg daging babi giling.
  • 1 cangkir gula kacang polong.
  • 3 daun bawang, potong-potong sebesar 2,5 cm.
  • ketumbar, dicincang untuk disajikan.
  • irisan jeruk nipis untuk disajikan.

Cara pembuatan:

  1. Rendam udon ke dalam mangkuk berisi air hangat. Saat udon sudah lunak dan tidak saling menyatu, tiriskan udon.
  2. Dalam mangkuk kecil, campurkan bersama pasta kari, santan (atau kaldu ayam), gula merah, dan dua sendok makan air. Cicipi dan sesuaikan bumbu jika diperlukan.
  3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan di atas api sedang dan masak daging babi, hancurkan dengan menekan daging ke dalam wajan. Biarkan matang sampai daging babi berwarna keemasan dan kecokelatan, sekitar 3 menit. Saat berwarna kecokelatan, balik daging dan hancurkan menjadi potongan-potongan kecil, masak sampai daging tidak lagi berwarna merah muda, sekitar 1 menit lagi.
  4. Kecilkan api menjadi kecil sedang. Tambahkan kacang polong. Masak selama 1 menit, aduk sampai kacang polong berwarna hijau cerah. Tambahkan udon dan saus yang sudah dibuat di mangkuk kecil, kemudian aduk sampai udon berwarna mengilap dan terlapisi bumbu dengan sempurna. Hiasi dengan potongan daun bawang, daun ketumbar, dan jeruk nipis jika diinginkan.

Hasil: 2 porsi

Waktu persiapan: 5 menit

Waktu memasak: 10 menit

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."