Manfaat Makan Buah Naga untuk Kerja Otak sampai Ibu Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Buah naga (Pixabay.com)

Buah naga (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah Naga tidak hanya menawarkan kesegaran saat Anda menyantapnya. Segudang manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh mulai dari kerja otak hingga ibu hamil.

Manfaat buah naga, bisa didapatkan karena kandungan gizinya yang beragam. Dalam 100 gram (7 sendok makan) buah naga, terkandung nutrisi-nutrisi sebagai seperti kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium, gula, vitamin C dan natrium. Salah satu hal yang membuat buah naga menjadi alternatif kudapan sehat adalah tidak adanya kandungan lemak dan kolesterol dalam buah ini.

Meski bukan hal yang baru, namun manfaat buah naga secara spesifik belum banyak menjadi perhatian. Berikut ini 17 manfaat yang bisa dinikmati saat makan buah naga.

1. Meningkatkan kerja otak
Salah satu manfaat buah naga yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah meningkatkan kerja otak. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin B dan vitamin C dalam buah naga.

Kedua vitamin tersebut, dipercaya dapat membantu sel membran tetap sehat. Aktivitas vitamin tersebut di tubuh juga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak agar tetap sehat.

Di balik manfaat buah naga yang melimpah, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. Secara umum, buah naga memang aman untuk dikonsumsi. Namun, pada beberapa orang, buah ini bisa menimbulkan alergi, seperti pembengkakan di lidah, bentol-bentol, hingga muntah-muntah bisa terjadi.

Buah naga merah juga bisa berpengaruh pada air seni Anda. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, buah naga bisa membuat air seni yang keluar, menjadi berwarna merah muda. Meski begitu, kondisi ini tidaklah berbahaya. Warna air seni akan kembali normal setelah buah tersebut selesai dicerna dan keluar dari sistem pencernaan di tubuh.

2. Membantu meredakan penyakit kronis

Buah naga kaya akan antioksidan yang dapat membantu meredakan berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan arthritis. Antioksidan akan bekerja dengan lebih baik, apabila didapatkan secara alami dari makanan, dibandingkan dari suplemen atau obat.

3. Kaya akan serat yang baik untuk tubuh
Tidak hanya berkaitan dengan kesehatan pencernaan, serat juga dapat berperan melindungi tubuh dari kondisi lain seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan menjaga berat badan ideal.

4. Menyehatkan saluran pencernaan
Menyehatkan saluran pencernaan, merupakan salah satu manfaat buah naga yang bisa Anda dapatkan. Buah naga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, yang berguna untuk kesehatan saluran pencernaan.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi juga ditentukan dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Vitamin C dan keratinoid yang ada pada buah naga, bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi, dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan.

6. Meningkatkan kadar zat besi di tubuh
Tidak banyak buah yang mengandung zat besi. Buah naga salah satunya. Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mencerna makanan untuk dijadikan sumber energi.

Selanjutnya sumber magnesium yang baik

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."