Kiat Menjawab Pertanyaan Klasik saat Wawancara Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang wawancara kerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang wawancara kerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Esok hari Anda memiliki agenda wawancara kerja? Bila iya, persiapkan diri sebaik mungkin mulai dari penampilan, berkas, pengetahuan tentang perusahaan yang Anda lamar, hingga kesiapan diri secara mental dan fisik.

Salah satu yang harus dipersiapkan adalah sejumlah pertanyaan dasar yang kerap dilontarkan oleh pewawancara bagian sumber daya manusia ataupun calon atasan Anda. Salah satunya pertanyaan, “Apa kelemahan Anda?” Pertanyaan ini bisa menjebak. Perusahaan ingin tahu kelemahan besar Anda dan jawabannya harus dipastikan tidak membuat mereka mencoret Anda dari pencalonan. Lalu bagaimana menjawabnya?

Jangan pernah menjawab bahwa Anda adalah perfeksionis dan tidak memiliki kelemahan. Itu adalah jawaban terburuk. Selain membuat Anda terlihat sombong, Anda juga terkesan tidak realistis. Perlu diketahui, seorang perfeksionis pun memiliki kelemahan. 

Melansir laman Times of India, sebaiknya Anda memberi tahu kelemahan yang tidak berhubungan langsung dengan tanggung jawab Anda pada pekerjaan nanti. Misalnya, ketika Anda melamar untuk posisi marketing, hindari menjawab bahwa Anda tidak suka berbicara dengan banyak orang. 

Anda bisa memulai jawaban ini dengan nada positif dan percaya diri, bahwa seperti semua karyawan, Anda juga punya kelemahan. Ini menunjukkan bahwa Anda menyadari kelemahan dan menerimanya. Ini juga menunjukkan bahwa Anda bukan profesional yang sombong dan tidak jujur.

Tetapi, Anda bisa mengubah kelemahan itu menjadi hal yang positif. Setelah mengakui kelemahan Anda, bicarakan tentang upaya yang telah Anda lakukan untuk mengatasinya. Misalnya jika Anda seorang desainer grafis, dan bicara tentang sifat pemalu, Anda dapat menjelaskan bagaimana Anda berbicara dalam rapat tim dan mengambil inisiatif untuk bekerja sama dengan kolega.

Pertanyaan tentang kelemahan ini menjadi salah satu hal penting dalam keseluruhan wawancara kerja. Jika menjawabnya dengan cerdas, Anda mendapatkan poin tambahan dalam wawancara. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak menolak kritik di tempat kerja dan menggunakannya untuk meningkatkan keterampilan profesional Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."