6 Cara Siap Berkompetisi di Lingkungan Kerja

karir

6 Cara Siap Berkompetisi di Lingkungan Kerja

Rabu, 14 Agustus 2019 15:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta -  Dalam grafik karir seseorang pastinya mengharapkan gambaran ke atas atau meningkat. Tentu untuk mencapai puncak di karir dibutuhkan pengorbanan dan kerja keras. Tetapi itu saja tidak cukup, dibutuhkan strategi atau taktik untuk siap berkompetisi di lingkungan kerja. Sebab bukan Anda saja yang mengincar apresiasi, kenaikan atau promosi dalam perjalanan karir. Persiapkan dan bekali diri Anda siap berkompetisi di lingkungan kerja.

Berikut sejumlah cara yang bisa diterapkan agar bisa jadi terdepan saat berkompetisi di lingkungan kerja melansir dari laman Times of India.

1. Kenali pesaing Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin tetap terdepan dalam kompetisi di lingkungan kerja adalah mengetahui siapa atau apa yang Anda lawan. Dan ketika menyebut kompetisi, itu tidak hanya berarti kolega Anda. Kompetisi terdekat Anda bisa juga alat atau program yang dapat melakukan setengah pekerjaan Anda dan lebih akurat hasilnya. Anda perlu menyadari perkembangan di sekitar dan itu sebabnya Anda harus meningkatkan keterampilan agar memenuhi tuntutan perubahan waktu.

2. Temukan cara meningkatkan produktivitas

Produktivitas paling penting di lingkungan kerja. Pada akhirnya, kinerja yang membuat Anda berbeda dari orang lain. Anda mungkin memiliki banyak keterampilan dan prestasi, tetapi jika Anda gagal melakukannya, tidak ada yang akan membuat perbedaan. Jadi, cari cara untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda.

3. Inovasi adalah kunci kompetisi

Jika Anda ingin tetap di depan orang lain, Anda perlu melengkapi diri dengan tren dan perkembangan terbaru dalam industri Anda. Cari cara-cara inovatif untuk membuat pekerjaan Anda lebih baik. Misalnya, jika Anda bekerja di industri kesehatan, Anda harus tahu tentang inovasi dan perkembangan terbaru. Buat teman-teman yang tepat di industri, sehingga Anda tahu apa yang terjadi di masa mendatang, sebelum dunia mengetahui tentang itu. Dengan demikian, terapkan keterampilan dan gagasan baru itu di tempat kerja Anda untuk memajukan diri dari yang lain.

4. Promosikan pekerjaan Anda

Jangan menunggu orang lain memperhatikan pekerjaan Anda. Mempromosikan pekerjaan sendiri sangat penting, jika Anda ingin terdepan dalam kompetisi. Jika Anda tidak berbicara dengan orang lain tentang pekerjaan Anda, bagaimana Anda berharap dunia tahu tentang itu? Cara terbaik untuk mempromosikan pekerjaan Anda adalah dengan memulai dengan rekan kerja dan senior Anda. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk menarik perhatian mereka pada pencapaian Anda. Tapi jangan membual tentang hal itu. Membagikan pekerjaan yang telah dituntaskan di jejaring sosial profesional juga bisa sangat membantu.

5. Jadi pribadi yang tidak mudah ditebak

Anda telah kehilangan setengah kompetisi, jika pesaing Anda dapat memprediksi gerakan Anda. Jika Anda tidak ingin menjadi target dari pesaing Anda, maka hindari mengulangi trik profesional lama yang sama. Selalu berusaha mengejutkan orang lain dengan kinerja da kreativitas baru.

6. Apresiasi dari luar lingkungan kerja

Terkadang saat begitu terikat dalam pekerjaan, sehingga melupakan dunia yang ada di luar kehidupan profesional. Pernahkah Anda berpikir untuk diakui karena pekerjaan Anda di luar kantor? Penghargaan tidak hanya tentang pengakuan atas pekerjaan yang telah Anda lakukan. Orang -orang di luar lingkungan kerja yang mengapresiasi Anda juga bisa menjadi semangat tetap berkompetisi.