2 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyimpan Daging Kurban

Reporter: Antara
Editor: Yunia Pratiwi
Minggu, 11 Agustus 2019 13:00 WIB
2 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyimpan Daging Kurban

CANTIKA.COM, Jakarta - Idul Adha identik dengan penyembelihan daging kurban. Anda dapat mempersiapkan tempat di kulkas untuk menyimpan daging dari hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha.

Terlebih jika Anda berniat menyimpan sebagian daging kurban itu untuk dimasak pada kesempatan lain. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan saat menyimpan daging di kulkas agar tetap segar dan tahan lama.

#1. Jangan cuci daging
Melanisr laman NBC, tips pertama adalah jangan mencuci daging mentah. Semua patogen berbahaya akan mati ketika daging dimasak dalam temperatur panas. Daging yang dicuci justru bisa mengundang bakteri. Simpanlah daging di wadah tertutup yang aman sehingga tidak bersentuhan dengan makanan-makanan lain.

Ilustrasi daging kambing. Pixabay.com/BlackWolfi

#2. Simpan di freezer

Daging merah bisa bertahan di kulkas hingga lima hari. Bila disimpan di freezer, daging merah bisa bertahan hingga 12 bulan. Sebaiknya lapisi lagi dengan kertas foil untuk menjaga kelembaban daging sehingga rasanya tetap segar. Segera simpan di mesin pembeku saat daging masih segar agar rasa dan nutrisinya tetap bertahan.

Sisa daging yang sudah dimasak bisa tahan hingga empat hari di kulkas, sementara bila disimpan di freezer masa tahannya bertambah hingga enam bulan. Jangan lupa untuk mendinginkan dulu masakan panas sebelum memasukkannya ke kulkas atau freezer.