Tips Menghilangkan Bau Prengus saat Mengolah Daging Kambing

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi daging kambing. Pixabay.com/BlackWolfi

Ilustrasi daging kambing. Pixabay.com/BlackWolfi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat Idul Adha yang jatuh pada hari ini, 11 Agustus 2019, biasanya beragam sajian berbahan daging hewan kurban seperti daging kambing dan sapi menjadi hidangan istimewa di meja makan. Namun mengolah daging kambing memiliki tantangan khusus dibandingkan memasak daging sapi atau ayam.

Salah satunya bau perengus alias aroma kuat yang menguar dari kambing bisa membuat selera makan jadi menghilang. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau perengus saat mengolah daging kambing?

Dikutip dari berbagai sumber, menjauhkan daging kambing dari air adalah satu trik untuk menghindari bau perengus. Jangan mencucinya dengan air agar baunya tidak menguat. Setelah itu diterapkan, coba pilih menu yang penuh rempah-rempah agar bau kambing tersamarkan, atau hilang, berkat bumbu yang kuat.

Ilustrasi daging kambing. Pixabay.com/BlackWolfi

Beberapa rempah yang cocok untuk diolah bersama daging kambing di antaranya adalah kunyit, cengkeh, bawang putih, jahe, kayu manis dan bunga lawang. Anda bisa memakai semuanya atau sebagian saja. Pemakaian rempah sebagai bumbu ini bukan cuma berfungsi menghilangkan bau, tetapi juga membuat daging jadi lebih lezat.

Jika Anda juga memasak jeroan kambing, cobalah merebusnya dalam air berisi potongan lengkuas dan daun salam. Buanglah busa-busa putih yang keluar dari rebusan jeroan karena di itulah sumber bau.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."