Manfaat Zumba untuk Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi tarian zumba menggunakan hijab. instagram.com

Ilustrasi tarian zumba menggunakan hijab. instagram.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gangguan Spektrum Autisme (GSA) adalah suatu gangguan perkembangan kognitif yang berkelanjutan pada seseorang yang berlangsung  seumur hidup. Pada dasarnya, GSA mempengaruhi perkembangan berpikir dan berbahasa, keterampilan motorik dan sosial, dan hal-hal lain yang memperlambat kemampuan beraktivitas seseorang.

Bila anak didiagnosis GSA, mereka tidak dapat sembuh sepenuhnya. Namun, zumba memiliki manfaat besar untuk membantu anak dengan GSA. 

Psikolog Rr. Finandita Utari mengatakan bahwa anak-anak dengan GSA biasanya menghadapi tujuh tantangan umum, yaitu kontak mata yang terbatas, komunikasi verbal dan nonverbal, keterampilan sosial, keterampilan motorik, keterlambatan bicara, perilaku berulang, dan kesulitan beradaptasi.

“Ada berbagai cara agar kondisi tersebut menjadi lebih baik, salah satunya adalah dengan berolahraga atau melakukan gerakan yang melatih koordinasi tubuh, mulai dari mata, tangan, kaki, dan sebagainya,” jelas Finandita.

Zumba, yang mengajak peserta untuk mengikuti koreografi yang mudah untuk diikuti,  berfokus pada keseimbangan dan koordinasi, dapat membantu anak dengan GSA.

Selain untuk kesehatan, Zumba bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan motorik, komunikasi, sosial, dan cara berpikir mereka. Zumba bisa meningkatkan fokus, melatih kemandirian, dan mengurangi hipersensitivitas.

Zumba juga memiliki berbagai kelas yang bisa disesuaikan dengan masing-masing anak, seperti Zumba Gold yang terdiri dari gerakan dengan intensitas yang jauh lebih rendah atau Zumba Kids, yang membantu meningkatkan keterampilan komunikasi dengan anak lain. 

“Setiap orang memiliki naluri musik di dalam diri mereka. Menggerakkan tubuh sesuai ritme, merangsang indera dan  koordinasi tubuh mereka. Selain itu, mendengarkan musik membuat mereka bahagia”, tutur Olivia Febriani, seorang spesialis pendidikan Zumba.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."