Mengenal Tanda Lahir Bercak Mongol, Apakah Berbahaya?

Ilustrasi bayi

kesehatan

Mengenal Tanda Lahir Bercak Mongol, Apakah Berbahaya?

Rabu, 17 Juli 2019 16:31 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Bayi yang baru lahir biasanya memiliki tanda. Ada tanda lahir berupa titik hitam, tompel, atau bercak. Salah satu tanda lahir yang kerap membuat orang tua khawatir adalah tanda lahir bercak mongol.

Baca: 5 Makna Senyum Bayi Usia 0 Sampai 12 Bulan

Bercak mongol merupakan tipe tanda lahir yang disebabkan oleh sel pigmen yang terdapat pada kulit. Terbentuknya bercak mongol disebabkan oleh pigmen kulit yang terperangkap di lapisan dalam kulit ketika kulit bayi sedang dibentuk. Bercak mongol biasanya timbul saat lahir namun juga dapat timbul dalam minggu pertama kelahiran.

Tanda lahir biasanya muncul dalam dua bulan pertama setelah kelahiran. Jika tanda tersebut muncul setelah itu, biasanya sudah tidak dapat digolongkan sebagai tanda lahir. Bercak mongol sering ditemukan pada bayi dengan kulit gelap. Bercak ini berbentuk rata, berwarna abu-abu kebiruan dan ukurannya bisa kecil sampai besar.

Bercak mongol mirip dengan memar dan biasanya timbul pada bokong atau punggung bagian bawah. Bercak tersebut dapat juga ditemukan di lengan atau kaki. Bunda tak perlu khawatir jika buah hati memiliki tanda lahir bercak mongil karena tidak berbahaya. Bercak mongol tidak menimbulkan rasa nyeri dan bukan akibat cedera.

Mengutip laman sehatq, bercak mongol tidak dapat bermutasi menjadi kanker. Biasanya bercak mongol akan menghilang seiring bertambahnya usia meski bisa juga dapat menetap. Untuk memastikan kondisi bayi, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengkonfirmasi diagnosisnya.

Bercak mongol memiliki ciri-ciri sebagai berikut:- Tersebar di area kulit dengan tekstur yang normal- Berwarna biru atau biru keabu-abuan- Lebarnya berukuran 2 sampai 8 sentimeter meski bisa jadi lebih besar- Bentuknya tidak beraturan dan tepinya tidak jelas- Timbul saat lahir atau sekitar 1 minggu setelah kelahiran- Biasanya terletak di bagian bokong atau punggung bagian bawah. Terkadang juga terletak di lengan, punggung, atau bagian tubuh lainnya

Hingga kini belum diketahui cara mencegah bercak mongol muncul di tubuh bayi. Tanda lahir bercak mongol terjadi saat proses pembentukan lapisan kulit di dalam kandugan di mana ada 'gangguan' pada sel melanosit. Belum diketahui apa yang bisa memicu 'gangguan' sel melanosit tadi.

Baca juga: Kenali Gejala Dehidrasi pada Bayi Baru Lahir