Niksen, Metode Paling Sederhana Melepas Stres Gratis Pula

FPC. Stress Hilang. shutterstock.com

kesehatan

Niksen, Metode Paling Sederhana Melepas Stres Gratis Pula

Rabu, 17 Juli 2019 14:16 WIB
Reporter : Antara Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk melepas stres. Jalan-jalan ke mall, nonton film di bioskop, main game, makan di restoran, dan lainnya. Namun jika sedang tak punya uang, tentu sulit untuk melakukan berbagai agenda tadi.

Direktur Pelaksana SCR Centrum, Carolien Hamming mengatakan ada metode yang efektif, mudah, dan murah untuk melepaskan stres. "Namanya metode Niksen. Secara harfiah berarti tidak melakukan apapun. Diam," kata dia. SCR Centrum adalah sebuah lembaga pelatihan di Belanda yang membantu kliennya mengelola stres dan pulih dari kejenuhan.

Diam dalam pengertian metode niksen, menruut Hamming, bukannya diam sama sekali. Seseorang yang menerapkan metode niksen memang diam tapi bisa dilakukan sembari beraktivitas. Misalnya, jalan-jalan santai, duduk dengan memperhatikan sekeliling, mendengarkan musik.

"Diam dalam pengertian tidak produktif sama sekali," ucap Hamming seperti dikutip dari Time. Pada prinsipnya metode Niksen lebih ke arah membiarkan pikiran berkeliaran daripada fokus pada detail dari suatu tindakan.

Direktur Pelatihan di Greater Good Science Center University of California, Eve Ekman mengatakan ketika tingkat stres melonjak otomatis berdampak buruk bagi kesehatan. Orang tersebut akan merasakan kelelahan, tidak fokus, dan mengalami gangguan kesehatan ringan sampai buruk. "Niksen bertujuan mengurangi kegiatan untuk menurunkan kecemasan, menghambat proses penuaan, dan memperkuat daya tahan tubuh," ucap dia.

Selain menguragi stres, manfaat lain dari niksen, menurut Ekman, adalah menemukan ide baru. "Bahkan ketika kita 'niks' atau tidak melakukan apa-apa, otak kita masih memproses informasi dan dapat menggunakan kekuatan pemrosesan yang tersedia untuk menyelesaikan masalah yang tertunda," katanya.

Hemming mengatakan tidak mudah melakukan metode niksen bagi orang yang terbiasa beraktivitas. "Bagi mereka, cukup menyeramkan memang pada awalnya," ucap dia. "Cukup duduk diam dengan pandangan keluar jendela saja membutuhkan keberanian yang besar."

Baca: 3 Zodiak yang Paling Rentan Mengalami Stres

Lambat laun klien Hemming mulai dibiasakan dengan durasi niksen yang kian lama. Bermula dari beberapa menit, perlahan ke beberapa jam, sampai rutin dilakukan sepekan sekali. "Ini semua tentang membiarkan hidup berjalan sesuai rencana dan membebaskan kita dari kewajiban sesaat," ujarnya.