Filosofi Perjalanan Bertujuan ala Zooey Deschanel

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Rabu, 10 Juli 2019 19:00 WIB
Filosofi Perjalanan Bertujuan ala Zooey Deschanel

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama tujuh tahun, Zooey Deschanel memainkan tokoh Jessica Day dalam serian New Girl, seorang karakter yang, setelah pindah ke Los Angeles, tampaknya tidak banyak bepergian kecuali bolak-balik dari apartemen ke sekolahnya. Sementara Deschanel yang pernah tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat pengalamannya dengan perjalanan jauh berbeda dari karakternya itu.

Baca juga: 10 Tahun (500) Days of Summer, Zooey Deschanel Berbagi Kenangan

Karena sering bepergian dengan keluarganya saat ia tumbuh dewasa, Zoey Deschanel memiliki cinta khusus untuk perjalanan, terutama perjalanan yang bertujuan. Hal tersebut jadi sesuatu yang sangat memengaruhi kehidupan pribadi dan profesionalnya. "Saya bepergian sepanjang waktu dengan orang tua saya dan saya pikir saya tidak menghargai seberapa banyak karakter yang dibangun untuk dapat melihat budaya lain dan mengekspos diri Anda dengan cara lain dalam melakukan sesuatu," katanya seperti dilansir dari laman Bustle.

Tapi sekarang Zooey Deschanel bersyukur perjalanan itu telah membentuk karakternya seperti saat ini. "Perjalanan dengan tujuan tertentu," katanya, pada dasarnya adalah gagasan bepergian dengan tujuan tertentu. Kedengarannya jelas, tetapi sebenarnya bukan sesuatu yang dilakukan semua orang ketika mereka merencanakan perjalanan mereka berikutnya - terutama pada tahun 2019, ketika bepergian untuk mendapat pujian di media sosial lebih populer daripada sebelumnya.

Namun, untuk mematuhi filosofi "perjalanan bertujuan" itu sederhana: Yang harus dilakukan hanyalah mencari pengalaman perjalanan yang menginspirasi mereka dalam beberapa cara. Konsep ini muncul pada tahun 2018, ketika Zooey Deschanel bermitra dengan Capital One untuk Purpose Project mereka. Proyek itu diciptakan untuk mendorong orang lain mencari penemuan pribadi melalui perjalanan dan memberikan kembali kepada komunitas yang mereka kunjungi. "Salah satu hal yang paling [membuat saya tertarik] adalah bahwa mereka mendorong orang untuk bepergian dan melakukan hal-hal yang membantu mereka lebih terinspirasi dalam kehidupan mereka sendiri," kata aktris berusia 39 tahun itu.

Zooey Deschanel. Owen Sweeney/Invision/AP

Perjalanan yang bertujuan, katanya, mungkin terlihat berbeda untuk semua orang - tetapi selama intinya adalah bahwa Anda bepergian untuk terinspirasi dalam kehidupan Anda sendiri di rumah, Anda sangat mendapat manfaat dari itu. Bagi Deschanel, dia paling terinspirasi dengan kehidupan lokal sehari-hari di mana pun dia bepergian, entah itu tempat yang belum pernah dia kunjungi atau di suatu tempat yang pernah dia kunjungi jutaan kali.

"Aku lebih suka pergi ke suatu tempat dan mencoba menjadi seperti orang lokal selama seminggu," kata ibu dua anak ini. "Aku tidak harus melihat semua tempat wisata. Aku mungkin ingin melihat satu atau dua, tapi bagiku yang paling penting adalah makan di restoran tempat penduduk setempat suka makan." Dan bagi Zooey Deschanel, hanya dengan melakukan hal itu di tempat yang baru dapat mengajarinya begitu banyak tentang budaya lain dan dirinya sendiri juga.

Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan manfaat dari filosofi "perjalanan yang bertujuan", namun - itu adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan benar di kota Anda sendiri, bahkan jika Anda telah tinggal di sana selama bertahun-tahun.

"Salah satu hal yang saya rasakan sedikit diabaikan ketika kita berbicara tentang perjalanan adalah bahwa Anda bisa melakukannya di kota Anda sendiri," jelas Deschanel. "Aku dari Los Angeles dan aku merasa ada begitu banyak bagian kota yang aku tidak tahu dan mungkin belum menjelajahi. Tapi itu bukan sesuatu yang kamu pikirkan setiap kali kamu tinggal di suatu tempat."

Menerapkan filosofi "perjalanan bertujuan" mungkin terlihat berbeda bagi Anda dan Zooey Deschanel, tetapi itulah keindahan konsepnya: Semua orang menemukan makna dan inspirasi yang berbeda melalui tempat dan benda baru.